Pelaksanaan Quality Control yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Usaha Yumna Laundry
Implementation of Effective Quality Control to Improve Employee Performance in the Yumna Laundry Business
Keywords:
Quality Control, Kinerja, Yumna Laundry
Abstract
Tujuan dilaksanakannya quality control dapat meningkatkan kinerja karyawan pada Usaha Yumna Laundry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan quality control di Yumna Laundry mampu meningkatkan kinerja karyawan serta peningkatan penjualan setiap harinya walaupun masih kekurangan SOP (Standar Operasional Pekerjaan) didalamnya.
References
1. Kotler dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
2. Kotler, Philip.2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
3. Herjanto. 2008. Manajemen Operasi Edisi ketiga. Jakarta: Grasindo.
4. Heizer dan Rander, 2009. Manajemen Operasi. Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
5. Stevenson. 2009. Production/Operation Management. Third Edition, Richard D Irwin INC and Toppan Company LTD, Tokyo Japan.
6. Rivai. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Rajagrafindo Persada, Bandung.
7. Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya, Bandung.
8. Hasibuan. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
9. Hasibuan. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.
10. Martoyono. 2009. Manajemen Keuangan. Edisi. Yogyakarta: EKONISIA.
11. Kusnandi. 2010. Periklanan Manajemen, kiat dan strategi. Jakarta: Nuansa.
12. Devi Puspitasari 2018, “Pelaksanaan Quality Control Yang Efektif Untuk meningkatkan Kualitas Produk pada PT. Sari Warna Asli Garmentâ€. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Hal 18, 2018.
13. Maleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
14. Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
15. Bakti, Maialim dan Afri.2019. “Peran Quality Control Dalam Meningkatkan Kualitas Produk perusahaan Lunch Box (studi kasus PT Majapura Bobotsari Purbalingga Jawa Tengah)â€. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwekorto: Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 2019. http://repository.iainpurwekerto.ac.id
16. Damayanti, Putri, Venty. 2018. “Quality Control Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Perusahaan Pada Perusahaan Pusat Oleh-oleh Haji Dan Umroh Di Kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya.†Surabaya: Fakultas Ekono mi dan Bisnis Islam, Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
17. Jumriani, 2018. “Analisis Implementasi Quality Control pada Produksi Gula PT. Perkebunan Nusantara XIV (PERSERO) Pabrik Gula Takalar, Kabupaten Takalarâ€. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah makassar.
18. Sari, Winda, Nurul, 2020. “Peranan Quality Control Guna Meminimalkan Keluhan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtajeneberang, Kabupaten Gowaâ€. Skrpsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
19. PL Jain.2006. Quality Control and Total Quality Management. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited, 78.
2. Kotler, Philip.2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
3. Herjanto. 2008. Manajemen Operasi Edisi ketiga. Jakarta: Grasindo.
4. Heizer dan Rander, 2009. Manajemen Operasi. Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
5. Stevenson. 2009. Production/Operation Management. Third Edition, Richard D Irwin INC and Toppan Company LTD, Tokyo Japan.
6. Rivai. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Rajagrafindo Persada, Bandung.
7. Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya, Bandung.
8. Hasibuan. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
9. Hasibuan. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.
10. Martoyono. 2009. Manajemen Keuangan. Edisi. Yogyakarta: EKONISIA.
11. Kusnandi. 2010. Periklanan Manajemen, kiat dan strategi. Jakarta: Nuansa.
12. Devi Puspitasari 2018, “Pelaksanaan Quality Control Yang Efektif Untuk meningkatkan Kualitas Produk pada PT. Sari Warna Asli Garmentâ€. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Hal 18, 2018.
13. Maleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
14. Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
15. Bakti, Maialim dan Afri.2019. “Peran Quality Control Dalam Meningkatkan Kualitas Produk perusahaan Lunch Box (studi kasus PT Majapura Bobotsari Purbalingga Jawa Tengah)â€. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwekorto: Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 2019. http://repository.iainpurwekerto.ac.id
16. Damayanti, Putri, Venty. 2018. “Quality Control Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Perusahaan Pada Perusahaan Pusat Oleh-oleh Haji Dan Umroh Di Kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya.†Surabaya: Fakultas Ekono mi dan Bisnis Islam, Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
17. Jumriani, 2018. “Analisis Implementasi Quality Control pada Produksi Gula PT. Perkebunan Nusantara XIV (PERSERO) Pabrik Gula Takalar, Kabupaten Takalarâ€. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah makassar.
18. Sari, Winda, Nurul, 2020. “Peranan Quality Control Guna Meminimalkan Keluhan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtajeneberang, Kabupaten Gowaâ€. Skrpsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
19. PL Jain.2006. Quality Control and Total Quality Management. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited, 78.