Pelaksanaan Quality Control yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Usaha Yumna Laundry
Implementation of Effective Quality Control to Improve Employee Performance in the Yumna Laundry Business
Keywords:
Quality Control, Kinerja, Yumna Laundry
Abstract
Tujuan dilaksanakannya quality control dapat meningkatkan kinerja karyawan pada Usaha Yumna Laundry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan quality control di Yumna Laundry mampu meningkatkan kinerja karyawan serta peningkatan penjualan setiap harinya walaupun masih kekurangan SOP (Standar Operasional Pekerjaan) didalamnya.
References
Assauri, Sofyan. 2016. “Production Operations Management Achievement of Sustainable Organizational Goals.†Jakarta: PT Rajagafindo Persada.
Harahap, Nursapia. 2020. “Penelitian Kualitatif.â€
Kotler, Philip. 2005. According to Kotler: The World’s Foremost Authority on Marketing Answers Your Questions. Amacom Books.
Martua, Chando, and S Panjta Djati. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman AB Cargo.†Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM 1(1): 10–18.
Nurkholiq, Adita, Oyon Saryono, and Iwan Setiawan. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk.†Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 6(2): 393–99.
Renanda, Rezki. 2022. “Pelaksanaan Quality Control Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Usaha Yumna Laundry.†Jurnal Kolaboratif Sains 5(11): 780–86.
Saraph, Jayant V, P George Benson, and Roger G Schroeder. 1989. “An Instrument for Measuring the Critical Factors of Quality Management.†Decision sciences 20(4): 810–29.
Wijaya, Doni. 2013. “Pengelolaan Dan Pengembangan Fungsi Produksi Dan Operasional Pada USAha Emas CV. X.†Agora 1(1): 68–81.
Harahap, Nursapia. 2020. “Penelitian Kualitatif.â€
Kotler, Philip. 2005. According to Kotler: The World’s Foremost Authority on Marketing Answers Your Questions. Amacom Books.
Martua, Chando, and S Panjta Djati. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman AB Cargo.†Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM 1(1): 10–18.
Nurkholiq, Adita, Oyon Saryono, and Iwan Setiawan. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk.†Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 6(2): 393–99.
Renanda, Rezki. 2022. “Pelaksanaan Quality Control Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Usaha Yumna Laundry.†Jurnal Kolaboratif Sains 5(11): 780–86.
Saraph, Jayant V, P George Benson, and Roger G Schroeder. 1989. “An Instrument for Measuring the Critical Factors of Quality Management.†Decision sciences 20(4): 810–29.
Wijaya, Doni. 2013. “Pengelolaan Dan Pengembangan Fungsi Produksi Dan Operasional Pada USAha Emas CV. X.†Agora 1(1): 68–81.