Pengaruh Manajemen Komplain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Purna Jual di Epson Sales and Service (ESS) Palu
The Influence of Complaint Management and Product Quality on After-Sales Satisfaction at Epson Sales and Service (ESS) Palu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh secara parsial dan simultan Manajemen Komplain (X1) dan Kualitas Produk (X2) Terhadap Kepuasan Purna Jual (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji regresi secara simultan (uji F) Manajemen. Komplain dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap Kepuasan Purna Jual. Secara uji parsial (uji t) hanya Kualitas Produk yang memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Purna Jual sedangkan Manajemen Komplain tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Purna Jual.
References
Ari Irawan. April 2016. Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha.
Journal of Business Management and Enterpreneurship Education.Vol 1,
Number 1, 213-223
Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi
terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek
Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi
Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas
Diponegoro : Semarang
Irfan, Munshi Shamsuzzaman.2006. A Relational Study on Service Recovery
Satisfaction (RECOVSAT) Dimensions (Communication, Empowerment,
Feedback, Atonement, Explanations, and Tangibles) and Customer
Satisfactions in the Context of Social Investment Bank Limited (SIBL).
Skripsi Independent University.Bangladesh
Maramis, Sepang dan Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan
Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado.
Jurnal EMBA Vol.6 No.3. Hal. 1658 – 1667
Reynald, S dan Rina, A,V. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Purna Jual
Dan Jaminan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada
Pelanggan PT Karya Bahari Abadi Jakarta). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan
Manajemen (EBISMEN). Vol. 2 No.3 September 2023
Riant Nugroho Dwidjowijoto. 2002. Good governance dan desentralisasi. Jurnal
Studi Indonesia. Volum 12 Nomor 2 september 2002
Riyono. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal Vol 8, No.
Edisi Juni (ISSN: 2252-826). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.Semarang
Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk
Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 15 No 1 Oktober 2014
Widjaya, Ignasius Irvan. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi
Harga, danKualitas Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan di
PT. Hargen Nusantara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.7, No.1
Wirdianto, Abdul, Jabar, Dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan
Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Merek Xiaomi Di
Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana. Jurnal Manajemen Bisnis
Krisnadwipayana. Vo.9, No.
Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.
Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.