Pengaruh Manajemen Komplain dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Purna Jual di Epson Sales and Service (ESS) Palu

The Influence of Complaint Management and Product Quality on After-Sales Satisfaction at Epson Sales and Service (ESS) Palu

  • Tenriani Universitas Abdul Azis Lamadjido Palu
  • Hariyanto R. Djatola Universitas Abdul Azis Lamadjido Palu
  • Turu Salandra Universitas Abdul Azis Lamadjido Palu
Keywords: Manajemen Komplain, Kualitas Produk, Kepuasan Purna Jual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh secara parsial dan simultan Manajemen Komplain (X1) dan Kualitas Produk (X2) Terhadap Kepuasan Purna Jual (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji regresi secara simultan (uji F) Manajemen. Komplain dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh  terhadap Kepuasan Purna Jual. Secara uji parsial (uji t) hanya Kualitas Produk yang memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Purna Jual sedangkan Manajemen Komplain tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Purna Jual.  

References

Ari Irawan. April 2016. Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha.

Journal of Business Management and Enterpreneurship Education.Vol 1,

Number 1, 213-223

Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi

terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek

Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi

Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas

Diponegoro : Semarang

Irfan, Munshi Shamsuzzaman.2006. A Relational Study on Service Recovery

Satisfaction (RECOVSAT) Dimensions (Communication, Empowerment,

Feedback, Atonement, Explanations, and Tangibles) and Customer

Satisfactions in the Context of Social Investment Bank Limited (SIBL).

Skripsi Independent University.Bangladesh

Maramis, Sepang dan Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan

Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado.

Jurnal EMBA Vol.6 No.3. Hal. 1658 – 1667

Reynald, S dan Rina, A,V. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Purna Jual

Dan Jaminan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada

Pelanggan PT Karya Bahari Abadi Jakarta). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan

Manajemen (EBISMEN). Vol. 2 No.3 September 2023

Riant Nugroho Dwidjowijoto. 2002. Good governance dan desentralisasi. Jurnal

Studi Indonesia. Volum 12 Nomor 2 september 2002

Riyono. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal Vol 8, No.

Edisi Juni (ISSN: 2252-826). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.Semarang

Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk

Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 15 No 1 Oktober 2014

Widjaya, Ignasius Irvan. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi

Harga, danKualitas Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan di

PT. Hargen Nusantara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.7, No.1

Wirdianto, Abdul, Jabar, Dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan

Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Merek Xiaomi Di

Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana. Jurnal Manajemen Bisnis

Krisnadwipayana. Vo.9, No.

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Published
2024-10-30
Section
Artikel Penelitian