Peningkatan UMKM Melalui Peran PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Desa Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong

UMKM Improvement Through Roles PT. Civil National Capital (PNM) Mekaar, Kasimbar Village, Parigi Moutong Regency

  • Ikbal Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Andi Mattulada A Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Hariyanto R. Djatola Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
Keywords: Pinjaman Modal, Program Pelatihan, Modal Usaha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan PNM Mekaar dalam membantu ibu-ibu memanfaatkan modal yang sudah diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik validasi dan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program pelatihan yang ditawarkan Mekaar untuk pengusaha mikro perempuan masih terbatas, sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan bisnis. Atau, penyalahgunaan dana modal dari PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar juga bisa menjadi faktor. (2) Penyalahgunaan dana dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti survei yang tidak memadai dan pengawasan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Selain itu, persyaratan pinjaman yang memudahkan perolehan pinjaman modal oleh pelanggan juga dapat berkontribusi pada penyalahgunaan modal Ventura.

References

A Pearce II Jhon.Richard B. Robinson Jr.(2013).Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Terj. Nia Pramita Sari.Jakarta : Salemba Empat.
Dewanti, Retno.2008.Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media
Dewi Ernita, (2013) Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Konsumsi di Indonesia, (Jurnal Kajian Ekonomi, Vol I, No 02)
Nazir, Moh. (2014:32). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Published
2023-07-12
Section
Artikel Penelitian