Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM (Studi pada Usaha Kebab dan Burger Turki di Kota Palu)

Analysis of Marketing Strategies in Improving Consumer Purchasing Decisions in UMKM (Study on Turkish Kebab and Burger Business in Palu City)

  • Delia Puja Hapsari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Hariyanto R. Djatola Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Titi Kuswani Waty Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
Keywords: Strategi Pemasaran, Keputusan Pembelian Konsumen, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM (Studi pada usaha kebab dan burger turki) dijalan lalove, kota palu. Penelitian Ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya dalam menarik minat konsumen terhadap produk sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian bisnisnya. Salah Satu Cara Adalah Menerapkan Strategi Pemasaran. Strategi Pemasaran harus disusun secara efektif guna harus mampu menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas utama pada usaha yang dijalankan agar tetap menjaga eksistensi usaha tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Strategi pemasaran usaha Kebab Dan Burger dijalan lalove,kota palu dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, serta mengetahui efektivitas penerapan Strategi pemasaran usaha Kebab dan Burger dalam meningkatkan daya beli Konsumen pada Umkm. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Meteode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan meteode wawancara, observasi, Kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan usaha Kebab dan Burger adalah dengan melakukan Analisis SWOT. Adapun Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha kebab dan burger turki sudah cukup efektif dilihat dari peningkatan jumlah produksi dan jumlah penjualan dari tahun ke tahun.

References

Buku : Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif,, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta, 2015

Bangsawan, Satria. Pemasaran Usaha Kecil. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabet, 2016

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta. 2012

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana . Anoraga, Panji. 2004. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Anoraga, Panji.2010. Manajemen Bisnis.Edisi Kedua. Rineka Cipta. Jakarta Alfian, Ian. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Islam. Vol 2 No 1. 2017.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Arifen, Syifa Rahmiani dkk. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol 3, No 1, 2019.

Anisah. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Busana Muslim Di Pasar Aceh.

Fauzi, A. A., & Sheng, M. L. (2020). The digitalization of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs): An institutional theory perspective. Journal of Small BusinessManagement, 00(00), 1–26. https://doi.org/10.1080/00472778.2020.1745536

Huda, S., Tsani, I., Syazali, M., Umam, R., & Jermsittiparsert, K. (2020). The management of educational system using three law Auguste Comte: A case of Islamic schools. Management Science Letters, 10(3), 617–624. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.018

Jurnal :Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83

Mey Kurnia Lestari, Masruchin, & Diah Krisnaningsih. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519

Midia, N. (2015). Analisis Minat Beli Dan Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Mobil Berdasarkan Faktor-Faktor Country of Origin. Analisis Minat Beli Dan Persekonsumen Terhadap Kualitas Produk Mobil Berdasarkapsi N Faktor-Faktor Country of Origin, 3(April), 49–58.

Nadya, M., Soewarno, Y., & Nirawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Griya Manik di Desa Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 21–30.

Ulfah, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Keju Lasi ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2795–2805.

Z, M., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2), 132–149. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.338

Abdullah Thamrin, Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2016

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga, 2014

Published
2024-04-06
Section
Artikel Penelitian