Konsekuensi Hukum terhadap Wanprestasi dalam Perjanjian Bisnis

Legal Consequences of Default in a Business Agreement

  • Maria Alberta Liza Quintarti Universitas Flore
Keywords: Konsekuensi Hukum, Wanprestasi, Perjanjian

Abstract

Wanprestasi dalam perjanjian bisnis merujuk pada kegagalan salah satu pihak untuk memenuhi kewajiban yang telah disepakati dalam perjanjian. Dalam konteks hukum, wanprestasi dapat menimbulkan berbagai konsekuensi hukum yang mempengaruhi hak dan kewajiban para pihak dalam perjanjian. Wanprestasi dalam perjanjian bisnis dapat memiliki berbagai konsekuensi hukum yang signifikan. Dalam hukum positif Indonesia, pihak yang wanprestasi dapat dikenakan tuntutan untuk pemenuhan kewajiban, ganti rugi, atau pembatalan perjanjian. Prinsip-prinsip umum hukum kontrak juga menekankan pentingnya pelaksanaan perjanjian dan keadilan dalam penyelesaian sengketa. Menangani wanprestasi secara efektif memerlukan pemahaman yang baik tentang ketentuan hukum yang berlaku dan upaya penyelesaian yang bijaksana.

References

Amiruddin, & Asikin, Zaenal. 2006. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Marzuki, P. 2010. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada.

Soekanto, S. 2014. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Soekanto, S., & Mamudji, S. 2003. Penelitian Hukum Normatif : Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yahman, 2009. Karasteristik Wansprestasi & Tindak Pidana Penipuan, Jakarta: Prenamedia.

Suadi, Amran. 2018. Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Penemuan dan Kaidah Hukum,

Jakarta: Prenadamedia Group.

Subekti, “Pokok-Pokok Hukum Perdata”, (Jakarta, PT. Intermasa, 2001),

Niru Anita Sinaga dan Nurlely Darwis, 2015. “Wanprstasi dan Akibatnya dalam Pelaksanaan Perjanjian” Jurnal Mitra Manajemen, Vol. VII, No. 02.

Gaffar, 2024. Differences Between Negotiation and Mediation from Indonesia Dispute Resolution Law Perspective, https://gaffarcolaw.com/news-insights/differences-between-negotiation-and-mediation-from-indonesia-dispute-resolution-law-perspective/. Gaffar & Co Law Firm

Annisa, 2023. Pengertian Somasi, Dasar Hukum, Bentuk, Cara dan Manfaatnya, Sumatra : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Published
2024-08-31
Section
Artikel Penelitian