Rekontruksialisme: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Rekontruksialisme: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

  • Mutmainnah Sukeriyadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rahmat Soe’oed Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Rekontruksialisme, Filsafat Pendidikan Islam

Abstract

Rekontruksialisme merupakan perspektif penting dalam filsafat pendidikan Islam yang mendorong transformasi dan perubahan dalam sistem pendidikan Islam. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghadapi tantangan zaman modern dengan pemikiran yang inovatif dan relevan. Dalam konteks pendidikan Islam, Rekontruksialisme menawarkan prinsip-prinsip dan konsep yang berfokus pada pembaruan kurikulum, metode pengajaran, dan pemahaman nilai-nilai Islam yang diperlukan dalam kehidupan kontemporer. Pendidikan Islam harus melampaui pembelajaran klasik dan tradisional, juga dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia modern yang terus berubah. Pembaruan kurikulum menjadi salah satu aspek utama yang ditekankan, dengan memperkenalkan materi yang relevan dengan perkembangan sosial, ekonomi, sains, dan teknologi. Kurikulum ini juga harus mempertimbangkan pembelajaran yang holistik, termasuk pengembangan keterampilan sosial, kritis, kreatif, dan spiritual. Selain itu, metode pengajaran juga menjadi fokus utama dalam Rekontruksialisme. Pendekatan yang inovatif dan berpusat pada peserta didik diperlukan untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan menarik. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknologi, proyek kolaboratif, diskusi, dan simulasi yang memungkinkan peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menerapkan pemahaman mereka dalam konteks kehidupan nyata. Pemahaman tentang prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, perdamaian dan toleransi dalam Islam serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Assegaf, Abd. Rachman. (2014). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fajar Ento, Feri (2020). "Desain gaya mengajar konstruktif melalui kontemplasi filsafat pendidikan rekontruksialisme". ANTUSIAS: Jurnal Teologi dan Pelayanan.
Haris, Abdul. (2014). Aliran Rekontruksialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam, makalah dipresentasikan dalam Program Pasca Sarjana, STAIN Pekalongan.
Iin Purnamasari,2015). Rekontruksialisme -Futuristik Dalam Pendidikan Di Indonesia https://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/902
Khoirudin, A., Baidhawy, Z., and Nor, M. R. M. (2020). Investigating muhammadiyah's authentic civilizational aspect of social remaking in Indonesia: Helpful and cosmopolitan methodologies. Diary of Al-Tamaddun, 15(1).
Kristiawan, Muhammad (2016). Filsafat Pendidikan The choice is yours. Jogjakarta: Valia Pustaka. hlm. 237. ISBN 978-602-71540-8-7.
Makniyah, J. (2019). Current Islamic Civilization: A System of Common Recreation through Islamic Science and Instruction. In sixth Global Meeting on Local area Advancement (ICCD 2019) (pp. 272-275). Atlantis Press.
Mubin, Ali (2018)"Pengaruh Filsafat Rekontruksialisme Terhadap Rumusan Konsep Pendidikan Serta Tinjauan Islam Terhadapnya". Rausyan Fikr (dalam bahasa Inggris). 14 (1): 69. ISSN 1979-0074.
Nizar, S. (2013). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Kencana.
Purnamasari, Lin (2015). "Rekontruksialisme-futuristik dalam pendidikan di Indonesia". Jurnal Ilmiah CIVIS. 5 (2): 834.
Qomariah, N. (2017). Pendidikan Islam dan Aliran Filsafat Pendidikan Rekontruksialisme. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 197–218. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.23
Silfiana, R. (2020). A Conventional and Current Schooling System of Pondok Pesantren in Context Theory of Training. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam.
Suroto. (2013). Rekonstruksi Pendidikan Islam sebagai Paradigma Alternatif Pendidikan di Indonesia. Al-Mabsut, Vol. 6, No. 1, 1-14.
Published
2023-12-11
Section
Artikel Penelitian