Hakikat Metode, Materi dan Alat Dalam Pendidikan Islam (Implementasi Model Pembelajaran “Market Place Activity” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa SMK Negeri 2 Samarinda)

The Nature of Methods, Materials and Tools in Islamic Education (Implementation of the "Market Place Activity" Learning Model in Increasing PAI Learning Motivation for Students at SMK Negeri 2 Samarinda)

  • Mokhamad Taufik Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Hakikat Materi, Metode, Alat dan Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih mendalam tentang hakikat metode, materi, dan alat dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada studi kasus implementasi model pembelajaran "Market Place Activity" di SMK Negeri 2 Samarinda untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode pembelajaran yang diimplementasikan bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa, khususnya dalam konteks PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis secara mendalam untuk menggali informasi tentang keefektifan model pembelajaran "Market Place Activity" dalam meningkatkan motivasi belajar PAI.  Dari hasil wawancara mendalam dan penilaian checklist, yang didukung oleh triangulasi, muncul dua temuan pokok sebagai sorotan utama dalam studi kasus ini: (1) Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) dapat menciptakan atmosfer belajar yang lebih antusias bagi siswa. Hal ini terbukti dari partisipasi aktif siswa dalam proses pengajaran dan pembelajaran, ditandai dengan keinginan mereka untuk bertanya dan menyatakan pendapat. (2) Model Market Place Activity (MPA) juga dapat membentuk karakter siswa secara langsung, terbukti dari rasa tanggung jawab mereka terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian, model Market Place Activity (MPA) dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Samarinda dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran secara keseluruhan bagi siswa.

References

Abdul Rahman Ghunaimah, Tarikh Al-Jami’at al-Islamiyyah, (Maroko: Dar Al-Thibat al-Maghribiyah, 1952),
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005), hal.143
Ahmad Mujib Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan tekhnik pembelajaran pendidika agama Islam (Bandung; Refika Aditama, 2009), hlm. 5-6
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 56– 70. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.8193
Diky R.. (2023). Interview dengan Mansyur, Guru PAI SMK N 2 Samarinda 19 Nopember, 2023
H.A. Kadir Djaelani, Konsepsi pendidikan Agama Islam dalam era Globalisasi, (Jakarta; Putra Harapan, 2001),
Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta; kota kembang,1993), hlm. 90
Irwan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii Smpn 3 Lembang Kab. Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 54–67. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i1.560
M.Athiyah al-Abrasy, Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim, (Qohiroh: Isa al-Babil Halabi, t.t.),
Mafrijal (2020). Peningkatan Nilai Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Materi APBN APBD Melalui Model Market Place Aktivity (MPA) Kelas Xi-Iis1 Semester Ganjil Di SMA Negeri 1 Mesjid Raya. Serambi PTK, 7(2), 205-218.
Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta; Logos, 1999),
Malihah, I., & Ihsan, M. N. (2020). Pengembangan Metode Market Place dalam Pembelajaran PAI
Martinis Yamin, Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik, (Jakarta: Referensi, 2012),
M. Khafidz, at al. (2023). Interview dengan siswa SMK N2 Samarinda, 20 Nopember.
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998), hlm. 9.

Nurmah M. (2023). Interview dengan Guru PAI SMK N 2 Samarinda, 21 Nopember
Omar Muhammad Al-Toumy Al-Syabany, Filsafah Tarbiyah Al-Islamiyah, Terj. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1989), hlm. 444-465
Sari, A., Ibrahim, M. M., & Idris, R. (2021). MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Biotek, 9(2), 196. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.23636
Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan, (Research and Development/R&D).
Bandung: Alfabet
Ridjaludin Fadjar Noegraha, Metodologi Pembelajaran Kurikulum 2013 Agama Islam, (Jakarta: FAI Uhamka, 2014),
Sofyan, E., & Virgantyani, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Aktivity
Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP PGRI Kota Cimahi. Jurnal Iimiah, 4(2), 115
Solehudin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity(Mpa)Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajarpai Dan Budi Pekerti Pada Materi Haji Dan Umroh Siswa Kelas Ix A Smp Negeri1tonjong Tp. 2017/ 2018. Dialektika: Jurnal Pendidikan, 3(1), 53–76. Retrieved From
Https://Journal.Peradaban.Ac.Id/Index.Php/Dfkip/Article/View/484/356
Tadjab, Perbandiang Pendidikan, (Surabaya; Karya Abditama, 2000),
Taufik, (2023). Interview dengan siswa Sekolah menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda, 19 Nopember.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana,2008), Cet.Ke-V,
Zulkarnain, Tranformasi nilai-nilai Pendidikan Islam; Manajemen Berorientasi Link dan Match, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2008),
Published
2023-12-11
Section
Artikel Penelitian