Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Islam dengan Pendekatan Kearifan Lokal

Analysis of Islamic Education Research Results with a Local Wisdom Approach

  • Mutmainnah Sukeriyadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muh. Abzar Duraesa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidikan Islam, Kearifan Lokal, Karakter Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kearifan lokal dalam pendidikan Islam dan bagaimana pendidikan Islam dapat membantu membentuk manusia yang memiliki harga diri dan kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review, dengan mengumpulkan data pustaka yang relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dapat diintegrasikan dengan pendekatan kearifan lokal untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik dan memperkuat nilai-nilai agama dalam konteks budaya lokal. Pendekatan kearifan lokal dalam pendidikan Islam dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, dan pendekatan antropologis. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi konsep merdeka belajar dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri yang kuat, sehingga dapat menjadi generasi emas masa depan yang berkualitas. Dalam hal ini, pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang relevan di masa depan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan Islam yang berbasis kearifan lokal dan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya di bidang ini.

References

Agustin Azizah Nur Yuyun, Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Peserta Didik Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Akhmadi Agus, Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 2, Pebruari - Maret 2019.
Aziz Muhaidir, Nilai-Nilai Kearifan Lokal Luwu Dalam Pendidikan Anti Korupsi di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Iain Palopo 2019.
Baharudin Erwan, Fakultas Ilmu Komunikasi – Universitas Esa Unggul, Jakarta, https://www.esaunggul.ac.id/kearifan-lokal-pengetahuan-lokal-dan-degradasi-lingkungan/, 2012.
Hidayat A. Gafar, https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpi/article/view/169, 2019.
Karimulla Mohammad, Islam dan Kearifan Lokal (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara dan Relevansinya Dengan Pendidikan), Disertasi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 2020.
Muhaimin, et. Al. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengeftifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Putra Aji Bramma, https://diy.kemenag.go.id/22803-pembelajaran-kearifan-lokal-siswa-mtsn-8-sleman-praktik-membuat-janur-ketupat.html, 2022.
Susapti Peni, Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Muatan Lokal di Mi Mangunsari Kota Salatiga, Jurnal Prosiding Seminar Nasional 2018.
Tilaar. Kekuasaan dan Pendidikan: Suatu Tinjauan dari Pr espektif Studi Kultural. Magelang: Indonesiatera, 2003.
Tilaar. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Zubaedi. Isu-isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Published
2023-12-11
Section
Artikel Penelitian