HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN PENYAKIT DIARE DI KELURAHAN NALU KECEMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

  • Ulfayanti Ulfayanti Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Budiman Budiman Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Diare adalah suatu penyakit tanda-tanda adanya perubahan bentuk dan konsisten dari tinja yang melembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi BAB lebih dari biasanya 3 kali atau lebih dari 1 kali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Observasional dengan pendekatan Cross Sec-tional Study. Variabel yang diteliti adalah penyediaan air bersih, jamban keluarga, tempat sampah dan saluran pembuangan air limbah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara Rumus Slovin. Besar populasi sebanyak 281 dan 74 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistic Chi-square dalam program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis bivariat penyediaan air bersih dengan kejadian diare (p=0,444 >0,05)  yang berarti tidak ada hubungan antara kondisi fisik air bersih dengan penyakit diare,dan jamban keluarga dengan kejadian diare p=(0,098 >0,05) yang berarti ada hubungan antara jamban dengan penyakit diare dan nilai OR=(2,763), tempat sampah dengan kejadian diare (p=0,825>0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara tempat sampah dengan penyakit diare dan saluran air limbah dengan kejadian diare (p=0,012<0,05) dengan nilai OR=(4,411) yang berarti ada hubungan antara saluran air limbah dengan penyakit diare di Kelurahan Nalu Kecematan Baolan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menyaranka kepada instansi di Kelurahan Nalu Kecematan Baolan Kabupaten Tolitoli diharapkan lebih meningkatkan upaya pencegahan baik dalam penyebaran informasi maupun dengan upaya-upaya lainnya yang berhubungan dengan penyakit diare.

Author Biographies

Ulfayanti Ulfayanti, Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Sudirman Sudirman, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Budiman Budiman, Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Afriani, B. 2017. Faktor Lingkungan Berhubungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Muaradua Kabupaten Oku Selatan. Syifa'MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 5(2), 99-106.

Amaliah. 2010. Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013. Jurnal.FK.unand

Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli. 2017. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017. Tolitoli

Hamzah, 2010. Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian diare pada balita di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo tahun 2012. Makassar. Skirpsi FKM UNHAS; 2012.

Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147–157).

Rafiudin. (2012). SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN HUTAN (STUDI KASUS) PADA KANTOR DINAS KEHUTANAN KABUPATEN MOROWALI SULAWESI TENGAH. Jurnal Sains Dan Teknologi, 13(1), 37–49.

Rafiudin, & Alam, A. S. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM HKM DI DESA TRANS SAUSU KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. In Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako Palu (Vol. 1, p. 59).

Novytania, 2013. Hubungan Faktor Lingkungan Dengan Faktor Sosiodemografi Terhadap Kejadian Diare di Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya 2013. Jurnal.FK.unand.ac.id

Octorina, 2012. Hubungan kondisi lingkungan perumahan dengan kejadian diare di desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten serdang Bedagai Tahun 2012. Skripsi Medan: FKM Universitas Sumatera Utara; 2012.

Setiawan, Ilham. dkk. 2016. Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Spuskesmas Tembuku Ikabupaten Bangli Tahun 2016 “E-JURNAL MEDIKA†Vol 6 No 5, Mei 2016, Hal 12-20.

Sintari. 2010. Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013. Jurnal.FK.unand.ac.id

Umiati, 2013. Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013. Jurnal. FK. Unand

Yani, A. 2018. Persepsi Masyarakat Terhadap Kerentanan Penyakit Diare Pasca Pelaksanaan Pesta Adat Kiki Sapu Dan Hambatan Terhadap Pencegahannya. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(2), 58-62.

Yennie, 2013. Sarana Pembuangan Kotoran Manusia Berpengaruh Nyata Terhadap Kejadian Diare Pada Balita.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>