Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunanan (DTPHP) Kabupaten Donggala

Implementation of the Regional Government Information System (SIPD) at the Department of Food Crops, Horticulture and Plantation (DTPHP) Donggala Regency

  • Nirmala Dewi Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Irfansyah Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Zakir Muhammad Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
Keywords: Sistem, Informasi, Pemerintahan Daerah

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode Pengumpulan Data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan Aset di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala yang dianggap dapat memberikan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian. Khususnya yang berkaitan dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) di DTPHP Kabupaten Donggala. Analisa Data menggunakan analisis kualitatif dengan menyajikan data secara Deskriptif.Hasil Penelitian menunjukan bahwa untuk Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala telah didukung dengan adanya komunikasi dari Pemerintah Daerah melalui sosialisasi. Sumber Daya Manusia yang belum cukup memadai karena adanya sebagian pegawai yang belum memahami SIPD, fasilitas yang memadai dalam pengoperasian SIPD. Sikap dan respon yang baik dari para Pegawai terhadap Penerapan SIPD. Penggunaan dan Prosedur SIPD yang mudah dipahami oleh pegawai. Adanya kendala jaringan internet dan kebijakan Pemkab yang belum menggunakan SIPD dalam hal penatausahaan keuangan dan pelaporan keuangan.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.
Edwards III, George C. Implementing Public Policy. Washington DC : Congresional Quarterty Press. 1980
Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Jakarta: Kemendagri. 2019.
Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah . Jakarta: Kemendagri. 2019.
Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta: Kemendagri. 2020.
Laudon, Kenneth C.dan Laudon, Jane P. Management Information Systems - Managing The Digital Firm. 12th Edition. Pearson Prentice Hall. 2012.
Mulyani, Sri. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : Abdi Sistematika. 2016.
Mcleod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat. 2010.
Moleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010.
M.I. Nasution, Nurwani. Analisis Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan. Sumatera Utara: Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 2021.
O’Brien, James. Management Information System Managing Technology in The E-Business Enterprise. Singapore: McGraw-Hill Book Co. 2002.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta: JDIH BPK RI. 2014
Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta: Jurnal Media Hukum. 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabet. 2011.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. 2015.
Van Meter dan Van Horn dalam Wahab, Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara. 2006
Yakub, Pengantar Sistem Informasi : Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.
Published
2023-07-27
Section
Artikel Penelitian