Pengaruh Kualistas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Sulteng Cabang Palu
The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at Bank Sulteng, Palu Branch
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, jaminan, empati dan daya tanggap secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sulteng Cabang Palu. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif dan verifikatif dan jenis data yang digunakan data yang bersifat kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi Pustaka. Adapun metode statistic yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS For Windows Versi 16.0. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, maka dapat disimpulkan bahwa: pengawasan dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja nilai kpefisien kolerasi (Multiper R) adalah sebesar 0,991. artinya bahwa Tingkat keeratan hunungan kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, jaminan, empati dan daya tanggap terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sulteng Cabang Palu adalah sebesar 99,1%. Nilai Adjusted R adalah sebesar 0,982 yang berarti bahwa besarnya besarnya pengaruh bukti fisik, keandalan, jaminan, empati dan daya tanggap secara simultan terhadap variabel kepuasan nasabah pada Bank Sulteng Cabang Palu adalah sebesar 98,2%. Sedangkan sisanya 1,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi penelitian ini, store atmosfer, Lokasi, bauran promosi dan sebagainya.
References
Almasdi, dan Jusuf Suit. 2012. AspekSikap Mental Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Syiar Media
Ali, Hasan 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Bilson Simamora , Analisis Multivariat Pemasaran . PT Gramedia Pustaka Umum, 2005
Gujarati, Damodar. 203. Ekonomika Dasar. Jakarta: Erlanga.
Hasan, Iqbal. 202. Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hawkins, D. I., Best, R. J.. & Coney, K. A. (1986). Consumer behavior. Busines Publication, Inc.
Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta :SalembaEmpat
Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Programn SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro. 2006.
Jogiyanto (204). Metode Penelitan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kamandanu, Tutus Soko. 2012. Pengaruh Ekuaitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Blackbery di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.
Kotler, P. &Keler, KL. 207. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jild 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Kotler, 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:BinaRupaAksara
Kotler, Philp, 202, “Marketing Management: Analysis, Planing,Implementation, and Control, Tenth Editon", Prentice Hallnternational, Inc., New Jersey
Kotler, Philp, 208. “Marketing Management: Analysis, Planing,Implementation, and Control, Tenth Editon', Prentice Hallnternational, Inc., New Jersey.
MohNazir. 2003.MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
Mowen, John c dan Michael Minor. 202. PerilakuKonsumen. Jakarta: PT PenerbitErlanga
Parasuraman, A. Zeithaml., Valerie, A., Bery, Leonard L. (198). Servqual : A Mulitple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailng. Vol. 64 No.1. Hlm. 12-40.
Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT: TeknikMembedahKasusBisnis, PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta
Srinadi dan Nila kusmawati. 2008. “Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas SebagailembagaPendidikan (StudiKasus di FMIP. UniversitasUdayana)" JurnalCakrawalaPendidikan. November. Th. XXVIL.
Sugiyono., Statistikuntukpenelitian. Yogyakarta : Andi Ofset, 2007.
Sugiyono,.MetodePenelitianBisnis, Bandung: CV Alfabeta. 2009.
Sugiyono,MetodePenelitianBisnis, Bandung : CV Alfabeta. 2008.
Sumarwan, Ujang. 201. Perilaku Konsumen, Teori dan Aplikasinya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Suryani, Tatik. 2013. Perilakukonsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha IImu.
Sadono, dk. 206. PengantarBisnis. Edisipertama. Jakarta: KencanaPerdana Media Group. Sekolah Tinggi IImu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu (2017)., Pedoman Penulisan Skripsi. Edisi Revisi. Palu: STIE P.B.
Sutedja Dharma Oetomo, Budi. 2007. PengantarTeknologilnformasi Internet: KonsepdanAplikasi, Yogyakarta: AndiOffset.
Swasthadanlrawan. 200. ManajemenPemasaran Modern, (Edisi I, Get. VHI): Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2000:54. StrategiPemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2012:51 143), StrategiPemasaran. Yogyakarta: ANDL
Zeithaml, Valerie A., Leonard Bery, and A. Parasuraman. 196. The Behavioral