Strategi Komunikasi Pemasaran Pada PT. Mandala Finance Tbk Cabang Palu
Marketing Communication Strategy at PT. Mandala Finance Tbk Palu Branch
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT Mandala Finance Tbk Cabang Palu ? (2) Untuk mengetahui Bagaimana solusi tidak optimalnya strategi komunikasi PT Mandala Finance Tbk Cabang Palu?. Oleh karena itu, penulis terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana keadaan perusahaan serta faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran yang ada pada perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada Kordinator marketing (kormax). Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan berdasarkan diagram cartesius adalah PT. Mandala Finanance Tbk Cabang Palu memiliki kekuatan internal sebesar 6,26 dan faktor eksternal 6,46. Kemudian berada pada posisi kuadran I (positif) dimana berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dimana, perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
References
Akkas, N. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa PT. Mandala Multi Finance Tbk. Cabang Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(8), 1061-1067.
Alfabeta Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.
Anang Firmansyah, Komunikasi Pemasaran (Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2020)
Badan Pusat Statistik 2020. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Tersedia di https://www.bps.go.id/publication/2020/11/30/337a88d303fca9911cb7b0a 8/data-dan-informasi-kemiskinan-kabupaten-kota-tahun2020.html[Accessed 4 Juni 2022].
Cangara, 2017. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Kencana Prenada Group. Jakarta.
Cangara, H. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Cangara, Hafied 2017. Perencanaan dan Strategi komunikasi. Rajawali Pers.Jakarta.
Cangara, Hafied. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua Cetakan ke Empat Belas. Rajawali Pers. Jakarta.
David, F.R. & David, F.R. 2016. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, eBook, Global Edition. Pearson Education
David, F.R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson Education.
David, R. Freid, 2009. Manajemen Strategi Konsep. Salemba empat, Jakarta
Fredy, Rangkuti, 2008, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan kelimabelas, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Giantika, Gan. (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran IndiHome Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 DiIndonesia, Jurnal Komunikasi Vol 12 No 1 2021.
Hadi, D. F. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Doktorandus Koffie dalam Menarik Minat Konsumen Penikmat Kopi. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 85-89.
Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Keempat, (Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2019)
Hilmiyati ( 2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Oleh BukitAir Wedding Dalam Menarik Minat Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial Instagram, https://ejournal.ilkom.fisip unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2019/08/Jurnal%20Wahyu%20(08-05-19-02-04-43).pdf
Kotler dan Armstrong (2019:159-172). Faktor-Faktor Komunikasi Pemasaran. Kencana. Jakarta
Kotler dan Armstrong (2019; 266-345). Komunikasi Antar Pribadi: Konsep dan Teori Dasar. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Kotler dan Armstrong (2019;116). Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller dalam Priansa,Priharto 2020. Manajemen Perilaku Konsumen. Andi Offset.Yogyakarta.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing.Edisi Ke Tujuh. Penerbit: Salemba Empat Jakarta.
Kurniasih, Dewi et al. Teknik Analisa. Bandung: ALFABETA, 2021.
Mahmud Machfoedz, Komunikasi Pemasaran Modern (Yogyakarta: Cakra Ilmu, 2010), 17
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan matriks SWOT dan metode QSPM pada strategi pemasaran jasa wedding organizer: Studi kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224-240.
Rangkuti, F. 2013. SWOT – BALANCED SCORECARD. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Gramedia pustaka Utama, Jakarta
Sembiring, L. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DI DURIAN SITEPU MEDAN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta






