Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Air Permukaan dan Kontribusinya terhadap PAD Provinsi Sulawesi Tengah

Analysis of the Effectiveness of Surface Water Tax Revenue and Its Contribution to the PAD of Central Sulawesi Province

  • Nur Raihanah Zalikhah Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
  • Syamsul Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
  • Chaeranti Muldayani Dewi Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM)
Keywords: Efektivitas, Kontribusi, Pajak Air Permukaan, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efektivitas pemungutan pajak air permukaan serta besarnya kontribusi penerimaan pajak air permukaan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Provinsi Sulawesi Tengah dari tahun 2019-2022. Jumlah informan di dalam penelitian ini yaitu sebanyak 3 informan, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menghitung serta menganalisis persentase efektivitas dan kontribusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Efektivitas dari penerimaan pajak air permukaan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan unit pelaksanaan teknis pusat per wilayah di tahun 2019-2022, yaitu memiliki jumlah persentase rata-rata sebesar 232% atau sudah dalam kriteria “Sangat Efektifâ€. 2). Kontribusi dari penerimaan pajak air permukaan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2019-2022, yaitu memiliki jumlah persentase rata-rata sebesar 0,0110% atau berada dalam kriteria “Tidak Berkontribusiâ€.  

References

Abdul Wahab Hermain., Buku Profil Pendapatan Daerah Tahun 2020. Palu: Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, 2020.
Akbar Syamil Ramadhan & Juliana Nasution., Efektivitas Pemungutan Pajak Air Permukaan Di Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara, Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Sumatera Utara, 2022.
Azhari Aziz Samudra., Perpajakan Di Indonesia: Keuangan, Pajak Dan Retribusi Daerah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Billy Lapod, dkk., Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Pajak Air Permukaan Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Jurnal Emba, Manado, 2019.
Cahyani Putri Kusuma., Analisis Pengawasan Penerimaan Pajak Air Permukaan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2019.
Cherry Agustine Chandra, dkk., Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Gorontalo Tahun 2016-2018, Jurnal Riset Akuntansi, Manado, 2020.
Carunia Mulya Firdausy., Kebijakan Dan Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.
Dwi Fionasari, dkk., Efektivitas Penerimaan Pajak Sarang Burung Walet Dan Kontribusinya Terhadap Pajak Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Jurnal IAKP, Pekanbaru, 2021.
Fitri Yanti & Sri Fitria Jayusman., Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Air Permukaan Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Medan, 2021.
Ferron Tristan Kapojos, dkk., Analisis Perhitungan, Penetapan Dan Pemungutan Pajak Air Permukaan Pada Uptd-Ppd Badan Pendapatan Daerah Di Minahasa, Jurnal Riset Akuntansi, Manado, 2022.
I Putu Agus Sudarmana & Gede Mertha Sudiartha., Pengaruh Retribusi Daerah Dan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Dinas Pendapatan Daerah, E-Jurnal Manajemen, Bali, 2020.
Natasha Yokoansei Kireina & Andri Octaviani., Analisis Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Semarang Tahun 2016-2019, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan,Surakarta, 2021.
Nadia Ayu Iranda., Efektivitas Pajak Air Permukaan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam Periode 2015-2020 (Studi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.
Phaureula Artha Wulandari & Emy Iryanie., Pajak Daerah Dalam Pendapatan Asli Daerah. Yogyakarta: Deepublish, 2018. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2016 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah.
Peraturan Daerah Sulawesi Tengah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Lain-Lain Pendapatan Asli Daerah Yang Sah.
Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 19 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Air Permukaan.
R. Agoes Kamaroellah., Pajak Retribusi Daerah: Konsep Dan Aplikasi Analisis Pendapatan Asli Daerah Melalui Kontribusi Pajak Dan Retribusi Daerah Dalam Meninjau Peraturan Daerah. Surabaya: CV. Jakad
Media Publishing, 2021. Sutianingsih, dkk., Analisis Pengaruh Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan
Asli Daerah Kabupaten Lombok Utara, Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, Mataram, 2021.
Sonia Murti & Rina Trisnawati., Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Lain-Lain PAD yang Sah, dan DAK Terhadap Belanja Modal, Jurnal Perspektif Akuntansi, Salatiga, 2021.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah.
Zhiya Nuril Azkiya & Ira Novianty., Efektivitas Penerimaan Pajak Air Permukaan Dan Kontribusinya Terhadap Tingkat Pendapatan Asli Daerah Pada Kabupaten Garut, Prosiding The 11th Industrial Research Workshop And National Seminar Bandung, Bandung, 2020.
Published
2023-07-14
Section
Artikel Penelitian