Penerapan Prinsip Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi)

Application of the Principles of Accountability in Village Financial Management (Case Study in Sambo Village, Dolo Selatan District, Sigi Regency)

  • Ika Helsa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
  • Syamsul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
  • Dini Rosyada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
Keywords: Akuntabilitas, Pengelolaan, Keuangan Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Penerapan Prinsip Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pemerintah desa sambo dalam hal pengelolaan keuangan desa pada tahap akuntabilitas atas perencanaan belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 untuk tahap akuntabilitas atas pelaskanaan, penatausahan, pelaporan dan pertanggungjawaban sepenuhnya dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018.

References

Barniat, Zulman. 2019. “Otonomi Desa: Konsepsi Teoritis Dan Legal.” JASP.
Indonesia, Presiden Republik. 2014. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.” Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun.
Kumalasari, Deti, and Ikhsan Budi Riharjo. 2016. “Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA) 5(11).
Kurniawan, Putra Adi. 2019. “Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas Dan Peran Perangkat Desa Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Desa Se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo).”
Machfiroh, Ines Saraswati. 2018. “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Benua Tengah.” Jurnal Riset Akuntansi Politala 1(1):14–21.
Makhmudah, Syahriyatul. 2017. “TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes)(Studi Kasus Alokasi Dana Desa Di Desa Purworejo Kecamatan Senduro).”
MARPAUNG, RHIDONA GRACE. 2022. “AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN BELANJA DESA DI DESA NAGORI BUNTU TURUNAN KECAMATAN HATONDUHAN KABUPATEN SIMALUNGUN.”
Nafidah, Lina Nasehatun, and Nur Anisa. 2017. “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kabupaten Jombang.” Jurnal Ilmu Akuntansi 10(2):273–88.
Rahman, Danny. 2012. “Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa Pada Proses Penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (Rpjmdes) Di Desa Triharjo Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman.”
Suryono, Bambang. 2015. “Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes).” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA) 4(5).
Syahril Iskandar, M. 2020. “Metode Deskriptif.”
Published
2023-04-14
Section
Artikel Penelitian