Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner di Kecamatan Palu Barat

The Effect of Financial Inclusion and Financial Literacy on the Sustainability of Culinary Business in West Palu District

  • Winda Yanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
  • Syamsul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
  • Siti Zuhroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
Keywords: Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Keberlangsungan Usaha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Kuliner Di Kecamatan Palu Baratâ€. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dan jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Adapun metode statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan: Secara simultan ditemukan bahwa inklusi keuangan dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlangsungan usaha kuliner di Kecamatan Palu Barat. Dan secara parsial menunjukan inklusi keuangan dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlangsungan usaha di Kecamatan Palu Barat. Inklusi Keuangan, literasi keuangan dan keberlangsungan usaha berperan dalam proses pertumbuhan usaha kuliner di Kecamatan Palu Barat.

References

Ahmad, Gatot Nazir. Manajemen operasi. Bumi Aksara, 2022.
Anshori, Muhammaad Ni’am. ANALISIS PENGARUH MODAL FINANSIAL DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA SANTRI PADA KOMUNITAS SANTRIPRENEUR DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.
Alvianolita Sanistasya, P., Rahardjo, K., & Iqbal, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kalimantan Timur. Jurnal Economi, 48-59.
Aribawa, Dwitya. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis,1-13
Badan Pusat Statistik. (2016). Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil
--------------------------. (2017). palukota.bps.go.id
--------------------------. (2017). Statistik Indonesia. Bangonim. (2017).
---------------------------. (2019). Analisis Hasil Se2016 Lanjutan PotensiPeningkatan Usaha Mikro Kecil.
Beck, T., & Demirguc-Kunt, A. (2006). Small and medium-size enterprises: Access to finance as a growth constraint. Journal of Banking & finance, 30(11), 2931-2943.
Desiyanti, R. (2016). Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Indek Utilitas UMKM di Padang
Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kota Palu. (2020)
Hamid, A. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, dan Struktur Modal Terhadap Kebijakan Pembayaran Deviden pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index (JII)(Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011).
Hudson, Mel, Andi Smart, and Mike Bourne. "Theory and practice in SME performance measurement systems." International journal of operations & production management (2001).
Ismantara, W. R., & Pranatasari, F. D. (2019). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Kompensasi Nonfinansial Terhadap Tenaga Kerja Perusahaan (studi Pada Spbu Bs Group). Business Management Journal, 15(1).
Jati,Hironnymus dkk.(2021) Dampak Covid 19 Terhadap UMK dan Pentingnya Literasi Keuangan dan Teknologi dalam Mempertahankan Kelangsungan Bisnis Kuliner di Kota Kupang.
Masruroh, Alifah Isti. PENGARUH MODAL SOSIAL, KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA (Studi Empiris Pada Pengusaha Wanita Berbasis UMKM di Kabupaten Magelang). Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.
Mubarok, Fajar Ibnu. "Faktor-faktor produksi: alam dan tenaga kerja." Faktor-faktor produksi: alam dan tenaga kerja (2020): 1-15.
Nur Indriyati. (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKN Batik Tegal.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan untuk Konsumen dan/atau Masyarakat.
-----------------------------. (2016). Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan.
-----------------------------. (2018, Juny 2). OJK.co.id
Peraturan Presiden No 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.
Panggabean,dkk (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Kulier Kota Medan
Rahmi, I. (2014). Pengaruh modal kerja terhadap pendapatan umkm kelompok usaha bersama (kube) melati I Di Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Riwayati, Hedwigis Esti. "Financial inclusion of business players in mediating the success of small and medium enterprises in Indonesia." International Journal of Economics and Financial Issues 7.4 (2017): 623-627.
Sanitasya, dkk (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Keberlangsungan Usaha Kecil Di Kalimantan Timur.
Setyorini, Dhyah,dkk. Pelatihan Akuntansi UMKM Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan. Laporan Kegiatan Program Pengabdian Pada Masyarakat: Universitas Negeri Yogyakarta. (2012).
Sari,Ria.Yunita. (2019). Literasi Keuangan Pelaku Ekonomi UMKM Perempuan Di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jurnal Economi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung.
------------ (2017). Statistik Untuk Penelitian.
------------ (Dalam Retnasari 2015:16). Statistik Untuk Penelitian.
Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta.
Suryandani, Wulan, and Hetty Muniroh. "Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM Batik Tulis Lasem." Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi 15.1 (2020): 65-77.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. (n.d.). Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Wati, Emilia Evi. Persepsi para Pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) terhadap Penerapan Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya. (2011).
Widayanti et al., (2017) Pengaruh Financial Literasi terhadap keberlangsungan usaha (Business Sustanbilty) Pada UMKM Desa Jatisari.
Wiratna Sujarweni. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. 193
Wachira, & Kihiu. (2012). Impact of Financial Literacy on Access to Financial Services in Kenya. International Journal of Business and Social Value, 42- 50.
Yanti, Wira. Iko. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Published
2022-08-17
Section
Artikel Penelitian