Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Atas Tujuan Laporan Keuangan dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM di Kecamatan Palu Barat

The Influence of Business Actors' Perceptions of the Purpose of Financial Reports and Accounting Knowledge on the Preparation of Financial Reports in MSMEs in West Palu District

  • Nurul Vadya Rusli Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Syamsul Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Olivia H. Munayang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
Keywords: UMKM, Persepsi Pelaku Usaha, Tujuan Laporan Keuangan, Pengetahuan Akuntansi,, Penyusunan Laporan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku usaha atas tujuan laporan keuangan dan pengetahuan akuntansi terhadap penyusunan laporan keuangan. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM yang berada di Kecamatan Palu Barat dan sampel yang digunakan sebanyak 42 UMKM yang didapatkan menggunakan rumus slovin. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling yang di pilih berdasarkan pertimbangan dari peneliti. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel persepsi pelaku usaha atas tujuan laporan keuangan berpengaruh signifikan terhadap variabel penyusunan laporan keuangan sedangkan variabel pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel penyusunan laporan keuangan.

References

Aldilla Septiana., Duta Media Publishing. Duta Media Center. Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan, 2019.

Ardhian Krisnaditya., “Persepsi Pelaku UMKM Atas Tujuan Laporan Keuangan.” Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.

Bella Silvia, et al., “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Pengusaha UMKM Terhadap Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi. Vol. 17 No. 1, 2019.

Creswell, J. W., Yogyakarta: Pustaka Belajar Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed., 2012.

Daffa Aqhil Mouti., “Pengaruh Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Barbershop Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi.” Skripsi. Universitas Pembanguna Nasional "VETERAN" Yogyakarta, 2020.

Dede Sunaryo, et. al,. “Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan

Menengah Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, dan Skala Usaha

Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi”, Competitive Jurnal

Akuntansi dan Keuangan, Vol.5 No.1, 2020, h. 48.

Faradiba., “Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program.” SEJ (School Education Journal 10(1): 65–73, 2022.

Febrianawati Yusup., “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Jurnal tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(1): 17–23, 2018.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H., Boston: McGraw-Hill Higher Education How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition, 2021.

Ikatan Akuntan Indonesia., Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia, 2015.

Imam Ghozali., Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 (9th ed), 2018.

Khaeru Nisa'., "Pengaruh Persepsi Atas Penyajian Laporan Keuangan, Pengetahuan Akuntansi dan Kepatuhan Pajak Pelaku UMKM Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Berstandar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) (Studi Kasus pada UMKM Klaster Batik di Kota Pekalongan." Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2022.

Krisna Murti, dkk., “SAK ETAP, Kualitas Laporan Keuangan Dan Jumlah Kredit Yang Diterima UMKM.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 6(2): 52–61, 2018.

Marshallino Jordy Wantah., “Analisis Penerapan PSAK No.1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Pada Perum Bulog Divre Sulut Dan Gorontalo.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15(04): 74–88, 2015.

Mohammad David Santiago & Sri Dwi Estiningrum., Persepsi dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan pada UMKM. Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(1): 199–205, 2021.

Novia Amanda Lestari dan Siti Hamidah Rustiana., “Pengaruh Persepsi Owner Dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Pamulang.” Journal of Business & Entrepreneurship Universitas Muhammadiyah Jakarta 1(2): 67–80. https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.67-80, 2019.

Putu Krisna Adwitya Sanjaya dan I Putu Nuratama., Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang. Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah, 2021.

Razannisa Wilfa dan Endra Murti Sagoro., “Pengaruh Persepsi Terhadap Laporan Keuangan Dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Umkm.” Jurnal Profita (2): 1–13, 2016.

Ririn Handayani., Yogyakarta: Trussmedia Grafika Metodologi Penelitian Sosial, 2020.

Sugiyono., Bandung: CV Alfabeta Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, 2016.

------------ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2017.

------------ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D-MPKK, 2019.

Sujarweni,V. Wiratna., Yogyakarta: Pustaka Baru Press Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, 2015.

Syamsul., Analisis Pencatatan dan Pelaporan Keuangan UMKM di Kota Palu. Jurnal Keunis (Keuangan Dan Bisnis) 10(1): 33–42, 2022.

Published
2024-03-21
Section
Artikel Penelitian