Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku Batu Batako dengan Menggunakan Metode Material Rekrutmen Planning (MRP) pada UD. Mastura Kota Palu

Analysis of Brick Raw Material Inventory Planning Using Material Recruitment Planning (MRP) Method at UD. Mastura City of Palu

  • Dian Cesar Novita Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu Indonesia
  • Burhanuddin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu Indonesia
  • Umar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu, Palu Indonesia
Keywords: Persediaan Bahan Baku, Biaya Bahan Baku, Proses Produksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan persediaan bahan baku dengan model MRP dapat mengefisienkan biaya produksi pada UD. Mastura Kota palu. Data yang dianalisis yaitu Pengelolaan Bahan Baku, Proses Produksi batako, Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku. Metode yang digunakan adalah Metode Material Recruitment Planning (MRP). Hasil dari penelitian adalah Metode Peramalan terbaik yang digunakan untuk peramalan permintaan 1 tahun kedepan adalah dengan menggunakan metode Moving Average. Perencanaan persediaan menurut metode MRP adalah meminimalkan kuantitas atau jumlah persediaan komponen bahan baku. Dimana tingkat persediaan akan berpengaruh terhadap biaya persediaan. Tingkat persediaan yang besar akan mengakibatkan biaya persediaan yang besar dan sebaliknya. Dalam usaha meminimalkan biaya persediaan, maka perhitungan dan penggunaan persediaan awal secara optimal, frekuensi pemesanan, waktu pemesanan adalah sangat singkat.

 

References

Chalirafi, Chalirafi, and Ristati Ristati. 2017. “Pengendalian Persedian Bahan Baku Pada Pabrik Batako Dan Paving Block.” Industrial Engineering Journal 5(1).
Daud, Muhammad Nur. 2017. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi Roti Wilton Kualasimpang.” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 8(2):760–74.
Fadli, Alfian. 2015. “Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Untuk Mengukur Biaya Bahan Baku Dan Menunjang Kelancaran Produksi Pakan Ternak Ayam Di PT. X.”
Indah, Dewi Rosa, and Elsayus Yulia Risasti. 2017. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Tri Agro Palma Tamiang.” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 8(2):710–24.
PRATAMA, Bayu Sandi Pradetya. 2016. “Optimalisasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada CV. Multi Bangunan Jember.”
Salam, Abdus, and Mujiburrahman Mujiburrahman. 2018. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Min-Max Stock Pada Perusahaan Konveksi Gober Indo.” Jurnal EMT KITA 2(1):47–54.
Wulandari, Astyningtyas. 2015. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Sengon (Studi Kasus Pada Cv. Langgeng Makmur Bersama Sumbersuko Lumajang).”
Published
2023-04-14
Section
Artikel Penelitian