Pelaksanaan Corporate Social Responsibility PT. PLN Persero Unit Kantor Pelayanan Karosa Kecamatan Karosa

Implementation of Corporate Social Responsibility PT. PLN Persero Karosa Service Office Unit Karosa District

  • Andi Mu’ayyad Mappakaya Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Burhanuddin Burhanuddin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Rahman Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pelaksanaan, Corporate Social Responsibility

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN Persero Unit Kantor Pelayanan Karosa Kecamatan Karosa. Penelitian ini responden 36 orang masyarakat. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,784 menunjukkan adanya hubungan yang sedang antara variabel pelaksanaan (X), terhadap variabel corporate social responsibility (Y). Demikian halnya pada R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,614 menunjukkan bahwa 61,4% corporate social responsibility ditentukan oleh pelaksanaan (X), sehingga terdapat 38,6% variabel lain yang tidak menjelaskan variabel corporate social responsibility yang tidak teridentifikasi dalam penelitian ini, yaitu: efisiensi, optimalisasi, kinerja, dan komitmen. diperoleh Fhitung sebesar 54.176 dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan), serta nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel pelaksanaan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel corporate social responsibility (Y) pada lingkungan kantor PT. PLN Persero Unit Kantor Pelayanan Karosa Kecamatan Karosa.

References

1. Marthin; Salinding Inggit MB. A. Implementasi Prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. J Priv Com L. 2017;1:111.
2. ARITHA AI. LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA BAGIAN KSA PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT JAKARTA RAYA AREA KRAMAT JATI. 2019;
3. Silalahi U. Metodologi analisis data dan interpretasi hasil untuk penelitian sosial kuantitatif. Refika Aditama; 2018.
4. Fahrizqi A, DARSONO D. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (csr) dalam laporan tahunan perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Universitas Diponegoro; 2010.
5. Kusnani DK, Muljono P, Saleh A. Dinamika Kelompok Penerima CSR PLN Tarahan Lampung Selatan. J Penyul. 2015;11(2).
Published
2021-10-15
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>