Analisis Pelaksanaan Kedisiplinan Aparat Desa pada Kantor Desa Sampalowo Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara

Analysis of the Implementation of Village Apparatus Discipline at the Village Office Sampalowo, West Petasia District, North Morowali Regency

  • Vivit Angriani. Mauru Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Burhanuddin Burhanuddin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rukhayati Rukhayati Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pelaksanaan, Disiplin, Aparat Desa

Abstract

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di butuhkanpenerapan disiplin kerja yang tinggi,karena disiplin dalam pekerjaan sangat penting bagi organisasi,sebab tanpa disiplin tidak ada usaha bersama yang konstruktif di dalam mencapai tujuan bersama.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan Aparat Desa Sampalowo Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif.Sedangkan  teknik  pengumpulan  data  yang  di  gunakan  penulis dalam penelitian ini  adalah observasi  dan wawancara  terhadap informan sebanyak 5 orang,Kepala Desa,Ketua BPD,Ketua Dusun II,Tokoh Pemuda, dan Masyarakat. Berdasarkan Hasil Penelitian ini dapat di ketahui bahwa Kedisiplinan Aparat Desa Sampalowo  masih Kurang baik, terbukti  sering absen dalam hari kerja,lebih memilih pergi bertani atau keluar mencari pekerjaan yang lain.Adapun Hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya  kesadaran  aparat  desa  sampalowo  dalam  menaati  peraturan serta tidak ada yang bisa di percaya oleh Kepala Desa dalam mengawasi Kedisiplinan Aparat Desa  lainnya apabila Kepala Desa sedang bertugas di luar Kantor dan juga sering menunda-nunda pekerjaan yang di berikan oleh Kepa Desa. Sedangkan upaya yang dilakukan yaitu itu Kepala Desa menghimbau  Aparat  Desa  agar  selalu  bersikap  Disiplin  dan  menaati peraturan yang telah ditetapkan,serta memberikan contoh yang baik tentang perilaku disiplin,misalnya datang dan pulang sesuai dengan aturan jam kerja.

References

1. Nafidah LN, Anisa N. Akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di kabupaten Jombang. J Ilmu Akunt. 2017;10(2):273–88.
2. Syarif R. Manajemen sumber daya manusia. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama; 2010.
3. Wijayanti E. PENGARUH UPAH DAN TINGKAT PROTEKSI KERJA PERUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. ANGKASA POLYPROPINDO SUKOHARJO. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2009.
4. Pitria P, Syarif K, Priatna A. Hubungan Disiplin Kerja dengan Kinerja Karyawan pada PT. Mitra Konservasi Indonesia (Cico Resort). J Online Mhs Bid Manaj. 2017;1(1).
5. Sulistyowati S. HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI DENGAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI AKADEMI MILITER MAGELANG. Universitas Mercu Buana Yogyakarta; 2017.
6. Ernawati, N. W., Rajindra, R., & Yusuf, D. (2020b). ANALISIS PENGELOLAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI PADA BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI HUTAN LINDUNG PALU POSO. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).
7. Irfan, M., & Rajindra, R. (2020). ANALISIS PENGELOLAAN FASILITAS KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIGI. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).
Published
2022-06-25
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>