Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Abjad pada Kelompok A TK Satu Atap SD Inpres Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi

The Effort of Incresing Ability of Recongnizing Letters Through Method of Alphabet Card Game at Group A of Satu Atap Kindegarten of SD Inpres Tinggede District of Marawola, Sigi Regency

  • Raodha Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Mengenal Huruf, Permainan Kartu Abjad

Abstract

Masalah dalam penelitian ini Apakah media kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Satu Atap SD Inpres Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi? Dan tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan  kemampuan  mengenal  huruf  anak  melalui penggunaan  media  kartu  huruf  pada  kelompok  A  di  TK Satu Atap SD Inpres Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi, melibatkan 12 orang anak terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian PTK Kemmis & Taggart, yang dilakukan secara bersiklus. Hasil penelitian kemampuan mengenal huruf kelompok A TK Satu Atap SD Inpres Tinggede dapat ditingkatkan melalui metode permainan kartu abjad dalam proses pembelajaran dengan cara masing-masing anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu Kemampuan mengenal Huruf, Kemampuan Mengelompokkan Huruf Abjad yang sama, dan Kemampuan Mengurutkan Huruf Abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada pra tindakan dan dilakukan tindakan siklus I kemudian siklus II meningkat menjadi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak di TK Satu Atap SD Inpres Tinggede telah mencapai kemampuan mengenal huruf pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) seperti yang diharapkan. Pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan mengenal huruf dikatakan berhasil, karena dari 12 anak yang sudah mencapai pada kriteria BSB sebanyak 9 anak (75%). Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A TK Satu Atap SD Inpres Tinggede dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf.

References

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ambarini, Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta.
Daryanto. 1993. Media Visual untukPengajaran Teknik. Bandung: Tarsito.
Depdiknas. 2009. Permendiknas No. 58/2009 tentang standar Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta: Depdikbud.
Dhieni, Nurbiana. 2008. Materi pokok Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, O. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Samekto, Agus. 1999. Perbedaan Kinerja Laki-Laki dan Wanita pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya. Tesis M.Si. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2021-03-15
Section
Artikel Penelitian