Analisis Kinerja Pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamuju Utara

Analysis Of Employee Performance in the Office of Population Control, Family Planning, Women Empowerment and Child Protection of North Mamuju Regency

  • Abbas Dengi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Haris Abd. Kadir Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Awaludin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kinerja pegawai dengan indikator kemampuan teknis, kemampuan konseptual dan kemampuan hubungan interpersonal

Abstract

Berdasarkan hasil analisis terutama aspek manajemen, khususnya kinerja pegawai yang berkaitan dengan aspek-aspek penilaian kinerja yang dinilai meliputi kemampuan teknis, kemampuan konseptual dan kemampuan hubungan interpersonal dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif nilai tabulasi frekuensi menunjukkan bahwa, dari nilai rata-rata pernyataan 67 orang responden pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamuju Utara, dengan total penerapan indikator teknis secara keseluruhan jawaban responden sebesar 0,82 atau 82% pada tingkat hubungan Sangat Kuat (0,80-1,000), dimana indikator teknis, bagi pegawai dapat dipahami berdasarkan pekerjaan yang dilaksanakan serta menyelesaikan pekerjaan dengan terlebih dahulu merumuskan tujuan yang akan dicapai. Total penerapan indikator konseptual secara keseluruhan jawaban responden sebesar 0,81 atau 81%  pada tingkat hubungan Sangat Kuat (0,80-1,000), dimana indikator konseptual bagi pegawai mempunyai arti bahwa pegawai dapat melakukan pekerjaan yang diberikan selalu diselesaikan dengan penuh tanggung jawab, dan pegawai mempunyai kemampuan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh organisasi. Total penerapan indikator interpersonal secara keseluruhan jawaban responden yang menunjukkan bahwa 0,84 atau 84% pada tingkat hubungan Sangat Kuat (0,80-1,000), dimana indikator interpersonal bagi pegawai mempunyai arti penting bahwa dalam pelaksanaan pekerjaan pegawai selalu kreatif dalam melaksanakan pekerjaanya, menjalin hubugan kerja dan bekerja sama dengan pihak lain dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan fungsinya dan pekerjaan yang diberikan.

References

Achmad S Ruky, 2006, SDM Berkualitas Mengubah Visi Dunia Menuju Realitas, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Al Juffri, 2013. Dengan judul: “Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun”.

Ambar, Tegus Sulistiyani dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Atmosoeprapto, Kisdarto, 2001. “Menuju SDM Berdaya Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efesien”. Penerbit : Jakarta Elex Media Komputindo. Jakarta.

Costello Wibowo. 2007, Manajemen Perubahan. Edisi Kedua Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu, 1997, Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Furtwengler, Dale, 2002. Penuntun Sepuluh Menit Penilaian Kinerja: Meguasai Keahlian Yang Anda Perlukan Dalam Sepuluh Menit. Andi. Jogjakarta.

Gibson, James L, John M.I, H Donnely, 1996, Organisasi, Prilaku, Struktur, Proses, Edisi Kedelapan, Bina Aksara, Jakarta.

Gomes, Faustino Cardoso, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang dalam pelaksanaannya ditindaklanjuti dengan Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 589/IX/6/Y/1999 tentang Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Irawan, Persada, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIA-LAN Press: Jakarta.

Mangkuprawira TB. Sjafri & Aida Vitayala Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia.Jakarta.
Mangkunegara, AP. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mathis Robert L. dan John H Jakson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Nawawi, Hadari. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Cetakan Pertama, Penerbit UGM, Yogyakarta.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. PT. Grafindo Persada. Jakarta.

Sedarmayanti, 2004. Pengembangan Kepribadian Pegawai : Mandar Maju, Bandung.

Sekaran, Uma, 2000. Research Methods for Business, John Wiley & Sons, Inc, New York.

Sugiyono, 2005, Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sulistiyani dan Rosida. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Umar Husen, 2005, Metode Riset, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Usan Rudiansyah dan Miman Nurdiaman, 2015. Dengan judul: “Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Peningkatan Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Intan Kabupaten Garut”.
Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Yurisko Dwi Wicaksono, 2017. Dengan judul: ”Analisis Evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara (studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta)”.
Published
2020-10-15
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)