Peran Majelis Taklim Al-Magfirah melalui Pemanfaatan Media Sosial Dakwah Islamiyah terhadap Pemahaman Keagamaan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Talise

The Role of Assembly Taklim Al-Magfirah Through the use of Social Media Da'wah Islamiyah For Religious Understanding Moms In The Village Talise

  • Siska Mariana Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ahmad Syahid Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Majelis Taklim dan Media Sosial

Abstract

Peran Majelis Taklim Al-Magfirah Melalui Pemanfaatan Media Sosial Dakwah Islamiyah Terhadap Pemahaman Keagamaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Talise Untuk menyampaikan pesan dakwah keagamaan melalui media sosial kepada ibu-ibu rumah tangga kelurahan talise majelis taklim membentuk group WA, pemanfaatan media sosial untuk menyamapikan pesan-pesan dakwah dapat meningkatkan pemahaman keagamaan bagi anggota ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam group WA, pesan-pesan keagamaan dapat diperoleh secara bebas dari mana saja sehingga memudahkan bagi anggota group WA untuk saling mengirimkan pesan-pesan dakwah, pemanfaatan media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah merupakan cara berdakwah secara modern yang bisa dilakukan oleh para dai sehingga umat islam mampu mengikuti perkembangan dunia saat ini. Kendala Majelis Taklim Al-Magfirah Melalui Pemanfaatan Media Sosial Dakwah Islamiyah Terhadap Pemahaman Keagamaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Talise Kendala yang dialami Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dakwah Islamiyah Terhadap Pemahaman Keagamaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Talise yaitu pertama, tidak dapat memastikan tentang pesan dakwah apakah dibaca atau tidak, kedua pesan dakwah keagaman melalui media sosial tidak dapat bertahan lama karena apabila memori penuh maka pesan dakwah tersebut akan dihapus, ketiga tidak dapat memastikan sumber dan materi dakwah terpercaya atau tidak, keempat tidak dapat mengevaluasi sejauh mana pesan dakwah tersebut telah dipahami oleh masyarakat dan yang terakhir yakni masyarakat tidak menyukai pesan dakwah yang terlalu panjang.

References

Afrizal, 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, (Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad, Nur, 2014. tantangan dakwah di era teknologi dan informasi: Formulasi Karakteristik, Popularitas, dan Materi di Jalan Dakwah, Jurnal ADDIN, Vol.8.
Ardianto, Elvinaro. Lukiati Komala, Siti Karlinah, 2014. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Bandung: Simbiosa Rekatama Media, Edisi Revisi.

Cahyono Anang Sugeng, 2016 Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tulungagung

Ceh.tribunnews.com/2018/06/10/dakwah-islamiah di Akses tanggal 14 Maret 2019

Fatoni, Abdurrahman, 2016. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT Rinneka Cipta.

Gulen, Fetullah, 2011. Dakwah Jalan Terbaik dalam Berfikir dan Menyikapi Hidup, (Jakarta, PT. Gramedia Press, Maret.

Gunawan, Imam, 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto, 2015. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan TinggiEduLib

Ilahi, Wahyu, 2010. Komunikasi Dakwah (Bandung,Remaja Rosdakarya.

Iskandar, 2009. Panduan Lengkap Internet, Jakarta: Andi Publisher.

Kementerian Agama RI. 2012. Al-Quran dan Terjemah Jakarta : Al-Fadhilah.

Kustadi Suhandang,2013. Ilmu Dakwah, Bandung, Remaja Rosdakarya.

M, Kaplan, dan Michael Haenlein, 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons.

Margono, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta; Rineka Cipta.

Mayfield Anthony dan Michael A Stelzner, 2008. What is Social Media Includes Annual Marketing Report, Penerbit iCrossing.

Moleong, Lexy J, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, Asep Saeful, 2012. Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, Dan Aplikasi Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purwanti, Eneng, 2010. manajemen dakwah dan aplikasinya bagi pengembangan organisasi dakwah, Jurnal adzikra Vol. 01. No. 02

R, Aditya, 2015. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. (Pekanbaru: Jom FISIP Volume 2 No 2

Saerozi. 2013. Ilmu Dakwah Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, 2011. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta, 2010

Sukayat, Tata, 2009. Quantum Dakwah, Jakarta : Rineka Cipta.

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah FAI. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Palu: FAI Unismuh Press.
Published
2020-09-15
Section
Artikel Penelitian