Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar PAI melalui Metode Diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu

The Effort to Improve the Activity and Achievement of PAI Through the Method of Discussion in 6 Bolano Lambunu State Junior High School

  • Meli Anjustian Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Keaktifan, Prestasi Belajar, dan Metode Diskusi

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajarPAI melalui metode diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu dengan rumusan masalah bagaimana deskripsi upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI melalui metode diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu? dan bagaiamana implikasi terhadap upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI melalui metode diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini yaitu:1. Deskripsi upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI melalui metode diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu yaitu pertama menganalisa dan menetapkan materi pelajaran PAI yang cocok untuk diterapkan metode diskusi, kedua melakukan persiapan yang diperlukan dalam menggunakan metode diskusi, ketiga melaksanakan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode diskusi, keempat melaksanakan pengelolaan pembelajaran agar dapat mengaktifkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa dan yang terakhir yaitu melakukan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut.2. Implikasi terhadap upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PAI melalui metode diskusi di SMP Negeri 6 Bolano Lambunu  yaitu pertama meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran, yang kedua meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PAI,  ketiga meningkatkan dan membuka serta menambah wawasan siswa, keempat, siswa belajar mengungkapkan dan mempertahankan pendapat dengan alasan yang logis, yang logis, kelima meningkatkan prestasi belajar siswa, keenam melatih siswa berfikir kritis, ketujuh mendorong siswa untuk memecahkan masalah secara bersama-sama, kedelapan membiasakan siswa untuk mendengarkan pendapat siswa lain dan kesembilan melatih siswa untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2017
Faturrahman Muhammad, Model Model Pembelajaran Inovatif, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag RI, Jakarta : 2017
Muhammad Fathurrahman, dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012
Mulyatiningsih Endang, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabrta, 2014
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Pheng Kheng Sun. Menikmati Belajar Secara Kreatif, Yogyakarta: Samudra Biru. 2011
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Sani Abdullah Ridwan, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta:PT Bumi Aksara, 2014
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana, 2010
Published
2020-08-15
Section
Artikel Penelitian