Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pemahaman Siswa di SMP It Al-Fahmi palu Pada Tahun 2018

Implementation of Cooperative Learning Model Think Pair Share (TPS) on the Subject of Islamic Religious Education to the Understanding of Students in SMP It Al-Fahmi Palu In The Year 2018

  • Muh. Fauzan Adnan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Think Pair Share

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengenal  dan  mengetahui  bagaimana  Penerapan  model  pembelajaran

Kooperatif tipe Think Pair Share  pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap pemahaman siswa di

SMP IT Al-Fahmi Palu dan mengetahui implikasi dari pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP IT Al-Fahmi Palu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu di tinjau dengan menggunakan pendekatan serta mengacu pada penelitian lapangan dan di bahas melalui analisis kualitatif dan sistematik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pengumpulan data adalah reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di lingkungan SMP IT Al-Fahmi Palu, melalui wawancara dan observasi, dapat di simpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMP IT Al-Fahmi Palu yaitu dengan tiga tahap yaitu think, pair, dan share. Tahap pertama Berfikir (think) guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah  yang  dikaitkan dengan pelajaran,  dan  meminta siswa  menggunakan waktu  beberapa  menit  untuk berfikir sendiri jawaban atau masalah, tahap yang kedua adalah berpasangan (Pair) selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh, dan tahap ketiga yaitu tahap terakhir berbagi (Sharing) guru meminta pasangan pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. (2) Sedangkan implikasi dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMP-IT Al Fahmi Palu yaitu memberikan hasil pembelajaran yang positif, menjadikan siswa lebih aktif, bergairah dan bersemangat dalam mengonstruksikan pengetahuannya, lebih kritis, meningkatkan pemahaman siswa. Semua hal tersebut mudah terjadi karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.

References

Alvi Zamir, Fenomena LGBT. http://www.maduracorner.com/fenomena-lgbt/ (25 Juni 2018)

Ahmad Muhammad, Ulumul Hadist (Bandung: Pustaka Setia, 2013). H. 3-4

Al-Khathib, M. Ajjaj, 2012 Ushul al-Hadits Beirut: Dar al-„Ilm Ii al-Malayin

Alipandie, Imansyah, 2013 Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya Usaha Nasional

Anwar, Desi, 2015 Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, cet 1.

Departemen Agama RI, 2014 Al-Qur’an Tajwid & Terjemahan, cet. 10 Bandung: Diponegoro Dharmita Rummy, Wawancara Wakil madrasah bagian kuriulum di MTs Al-Khairaat Biromaru Duryat Masduki, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Alfabeta, 2016), h. 77
E Slavin Robert, Psikologi Pendidikan.PT Indeks.2011 h.120-121

Hadijah, Wawancara Kepala madrasah di MTs Al-Khairaat Biromaru

Halim, Abdul, 2013, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoris dan Praktis (Jakarta: Ciputat Pers

Hakiman, Wawancara Guru mata pelajaran Qur‟an Hadist MTs Alkhairat Biromaru

Masyur, Kahar, 2012 Membina Moral dan Akhlak Jakarta:PT Rineka Cipta. 2012

Mardalis. 2012 Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara Mardiah, Wawancara guru mata pelajaran akidah ahlak di MTs Al-Khairaat Biromaru Muhaimin, Abdul Mujib. Studi Islam. Jakarta : Kencana. 2014 h. 306
Nata Abuddin, 2013, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Rahman, 2013.Kisah Kaum Sodom di Zaman Nabi Luth As.Karya Abditama.
Rosna, Wawancara Wakil kepala madrasah sarana dan prasarana di MTs Al-Khairaat Biromaru

Sabiq Sayyid, Fiqih Sunnah jilid 9, (Bandung: Alma‟arif, 2013), h.134-136. http://doaindahku.blogspot.com/2014/11/download-ebook-fiqih-sunnah-syeikh.html (21 Juni
2018)

Said, HM, 2014 Ilmu Pendidikan Bandung: Alumni

Zam‟ani, Wawancara Kepala perpustakaan MTs Al-Khairaat Biromaru
Published
2020-09-15
Section
Artikel Penelitian