Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Pemahaman Siswa di SMP It Al-Fahmi palu Pada Tahun 2018
Implementation of Cooperative Learning Model Think Pair Share (TPS) on the Subject of Islamic Religious Education to the Understanding of Students in SMP It Al-Fahmi Palu In The Year 2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenal dan mengetahui bagaimana Penerapan model pembelajaran
Kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap pemahaman siswa di
SMP IT Al-Fahmi Palu dan mengetahui implikasi dari pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP IT Al-Fahmi Palu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu di tinjau dengan menggunakan pendekatan serta mengacu pada penelitian lapangan dan di bahas melalui analisis kualitatif dan sistematik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pengumpulan data adalah reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di lingkungan SMP IT Al-Fahmi Palu, melalui wawancara dan observasi, dapat di simpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMP IT Al-Fahmi Palu yaitu dengan tiga tahap yaitu think, pair, dan share. Tahap pertama Berfikir (think) guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk berfikir sendiri jawaban atau masalah, tahap yang kedua adalah berpasangan (Pair) selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh, dan tahap ketiga yaitu tahap terakhir berbagi (Sharing) guru meminta pasangan pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. (2) Sedangkan implikasi dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMP-IT Al Fahmi Palu yaitu memberikan hasil pembelajaran yang positif, menjadikan siswa lebih aktif, bergairah dan bersemangat dalam mengonstruksikan pengetahuannya, lebih kritis, meningkatkan pemahaman siswa. Semua hal tersebut mudah terjadi karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
References
Ahmad Muhammad, Ulumul Hadist (Bandung: Pustaka Setia, 2013). H. 3-4
Al-Khathib, M. Ajjaj, 2012 Ushul al-Hadits Beirut: Dar al-„Ilm Ii al-Malayin
Alipandie, Imansyah, 2013 Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya Usaha Nasional
Anwar, Desi, 2015 Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, cet 1.
Departemen Agama RI, 2014 Al-Qur’an Tajwid & Terjemahan, cet. 10 Bandung: Diponegoro Dharmita Rummy, Wawancara Wakil madrasah bagian kuriulum di MTs Al-Khairaat Biromaru Duryat Masduki, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Alfabeta, 2016), h. 77
E Slavin Robert, Psikologi Pendidikan.PT Indeks.2011 h.120-121
Hadijah, Wawancara Kepala madrasah di MTs Al-Khairaat Biromaru
Halim, Abdul, 2013, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoris dan Praktis (Jakarta: Ciputat Pers
Hakiman, Wawancara Guru mata pelajaran Qur‟an Hadist MTs Alkhairat Biromaru
Masyur, Kahar, 2012 Membina Moral dan Akhlak Jakarta:PT Rineka Cipta. 2012
Mardalis. 2012 Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara Mardiah, Wawancara guru mata pelajaran akidah ahlak di MTs Al-Khairaat Biromaru Muhaimin, Abdul Mujib. Studi Islam. Jakarta : Kencana. 2014 h. 306
Nata Abuddin, 2013, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Rahman, 2013.Kisah Kaum Sodom di Zaman Nabi Luth As.Karya Abditama.
Rosna, Wawancara Wakil kepala madrasah sarana dan prasarana di MTs Al-Khairaat Biromaru
Sabiq Sayyid, Fiqih Sunnah jilid 9, (Bandung: Alma‟arif, 2013), h.134-136. http://doaindahku.blogspot.com/2014/11/download-ebook-fiqih-sunnah-syeikh.html (21 Juni
2018)
Said, HM, 2014 Ilmu Pendidikan Bandung: Alumni
Zam‟ani, Wawancara Kepala perpustakaan MTs Al-Khairaat Biromaru