Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN Tolitoli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MAN Tolitoli dan menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu Kepala sekolah dan Guru-guru. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan; (l) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah Aliyah Negeri Tolitoli yaitu dengan menyusun program supervisi dengan melibatkan guru, serta bekerjasama dengan seluruh pihak madrasah. Kepala sekolah melakukan kunjungan kelas setiap harinya, memberi motivasi kepada guru, pembinaan disiplin guru, memberi konsultasi, serta melaksanakan supervisi pembuatan Perangkat Pembelajaran. (2) Faktor yang mendukung Peran kepala Sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru adalah penggunaan teknologi dan informasi yang ada di sekolah dimana kepala sekolah memotivasi guru agar senantiasa berinovasi dengan memanfaatkan media teknologi pembelajaran sehingga peserta didik bersemangat mengikuti pembelajaran, guru juga diharapkan dapat melakukan variasi-variasi model-model pembelajaran melalui pemanfaatan IT serta komunikasi yang efektif, sumber daya yang memadai, program pengembangan profesional, dan pengakuan dan motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang profesionalnya guru dalam mengajar, kualifikasi pendidikan yang masih rendah dan tidak sesuai dengan matapelajaran yang diampu, kedisiplinan guru dan peserta didik masih kurang, serta fasilitas pembelajaran yang belum mencukupi.
This study aims to describe the role of the madrasa head as an educational supervisor at MAN Tolitoli and to analyze the supporting and inhibiting factors. This research is descriptive qualitative. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. Sources of research data are the Head of Madrasah and Teachers. Data analysis was carried out with the stages of data reduction, data presentation and data verification as well as drawing conclusions. Checking data is done by triangulating techniques and sources. The results of this study show; (l) the role of the madrasah head as a supervisor in improving teacher performance at the Tolitoli State Aliyah Madrasah, namely by compiling a supervision program involving teachers, and in collaboration with all madrasah parties. The madrasa head conducts class visits every day, motivates teachers, fosters teacher discipline, provides consultations, and supervises the making of learning tools. (2) Factors that support the role of the principal as a supervisor in improving teacher performance is the use of technology and information in schools where the principal motivates teachers to always innovate by utilizing learning technology media so that students are enthusiastic about participating in learning, teachers are also expected to be able to vary -a variety of learning models through the use of IT and effective communication, adequate resources, professional development programs, and recognition and motivation. While the inhibiting factors are the teacher's lack of professionalism in teaching, educational qualifications that are still low and not in accordance with the subjects being taught, the discipline of teachers and students is still lacking, and learning facilities are not sufficient.
References
Anwar, K., & Sohail, N. (2018). Transformational leadership and organizational culture in Islamic schools in Pakistan. International Journal of Educational Management, 32(4), 543-555.
Arshad, M. I., & Amin, M. (2017). Impact of transformational leadership on teachers’ job satisfaction: A study of private madrasahs in Pakistan. Journal of Educational Administration and History, 49(2), 187-200.
Harun, H., & Zubair, H. (2017). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 187-201.
Ibrahim, M. I., Ismail, R., & Hamat, A. (2018). Peranan kepimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan prestasi guru dan pelajar. Jurnal Pendidikan Malaysia, 43(1), 27-34.
Jusoh, N. A., & Mohd Yusoff, N. F. (2017). Kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja guru di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 202-218.
Khalid, M. A., & Khan, M. S. (2018). Exploring the relationship between leadership styles and job satisfaction among madrasah teachers in Pakistan. Journal of Educational Administration and History, 50(3), 215-226.
Mohd Nor, M. A., & Yusoff, M. (2017). Kepimpinan kepala madrasah dan amalan pengajaran guru dalam meningkatkan pencapaian pelajar. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 79-96.
Mustafa, M. A., & Yusof, N. M. (2018). Peranan kepimpinan transformasional dalam membentuk budaya organisasi madrasah yang cemerlang. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-15.
Salam, A., & Hussin, S. R. (2017). Kepemimpinan transaksional dan transformasional dalam madrasah: Satu tinjauan literatur. Journal of Islamic, Social, Economics and Development, 2(4), 38-48.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Leithwood, K., & Day, C. (Eds.). (2021). Handbook of research on educational leadership for equity and diversity. Routledge.
Harris, A. (2021). Distributed leadership matters: Perspectives, practicalities, and potential. Sage Publications.
Spillane, J. P., Halverson, R., & Diamond, J. B. (2021). Handbook of research on educational leadership for implementation and change. Routledge.
Sergiovanni, T. J. (2021). The principalship: A reflective practice perspective. Routledge.
Fullan, M. (2021). Leading in a culture of change. John Wiley & Sons
Alqurann Alim, Muhammad, 2006. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: PT. Rineka Cipta
Baqy Muhammad Fuad Abduh, 1995, Shahih Muslim, Juz. IV Darul Ahyai AlKutubi Al-Arabiyah.
Burhanuddin, 2005, Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan
Pendidikan, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Danim, Sudarwan, 2002, Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan
Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Departemen Agama RI, 2009, Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha
Putra
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Jakarta: Rosda
Karya.
Sagala, Syaiful, 2009. Kemampuan Profesionalisme Guru dan TenagaKependidikan, pemberdayaan, Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manajemen Madrasah , Bandung: Alfabeta
Samad, Suleiman dkk, 2009. Profesi Keguruan.. Makassar: Fakultas Ilmu
Pendidikan UNM.
Sudjana. Nana, 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Sulistyorini, 2004. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah
dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafaruddin, 2005, Kiat Kepemimpinan dalam Teori dan Praktik, PT.
Harapan Masa, PGRI.
Usman. Muhammad Uzer, 2006. Menjadi Guru profesional, Bandung:
Remaja Rosdakarya.
W.J.S. Poerwadarminto, 2007, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta :
PN Balai Pustaka,
Wahjosumidjo, 2007. Kepemimpinan Kepala Madrasah , Edisi Pertama,
Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yasuda, Ince I Amirman, 2001. Penelitian Dan Statistik Pendidikan, Cet. I ;
Jakarta ;
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.