IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP NEGERI 1 TOTIKUM DALAM TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

  • St. Muslimat Hatta Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rajindra Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Palu
  • Hajar Anna Pascasarjana, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pembelajaran, Pandemik, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang implementasi pembelajaran masa covid 19 di SMP Negeri 1 Totikum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui kegiatan reduksi data dan penyajian data. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi pembelajaran masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Totikum tetap dilaksanakan dengan perubahan skema pembelajaran yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Persiapan pembelajaran dilakukan dengan membuat grup whatsapp dan messenger per kelas dengan tujuan agar memudahkan siswa dan guru berkomunikasi dengan baik, serta menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh/daring dengan berpatokan pada pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). (2) Implikasi Manajemen Pendidikan Islam terhadap pembelajaran masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Totikum mencakup beberapa fungsi: pertama, perencanaan pembelajaran selama daring menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring. Kedua, Pengorganisasian dilakukan dengan cara mengatur guru mata pelajaran mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelum pandemi covid-19. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran daring, guru melakukan apersepsi berupa absen didalam grup WhatsApp kelas dan ketika waktu tatap muka selama beberapa hari, guru melakukan apersepsi berupa salam pembuka, kemudian menanyakan pelajaran yang tidak dipahami minggu lalu kemudian di susul penyampaian materi yang bisa dilihat oleh siswa melalui aplikasi YouTube yang sudah dibagikan link nya oleh guru. Keempat, pengawasan dilakukan pendidik dalam rangka mencari informasi, menganalisis informasi, dan mengevaluasi data-data yang berkaitan dengan kegiatan belajar serta menggunakannya untuk mengontrol kegiatan pembelajaran untuk meraih target belajar. Pembenahan dilakukan pada saat proses belajar mengajar dan juga pada saat proses pembelajaran selanjutnya sebagai bagian dari kontrol pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik.

 

References

Abuddinnata. (2003). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo. h. 125

Achmadi, Taofan Ali. (2015). Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Budaya Sosial dan Syar’I, 07 (05).

Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Educational Journal of History and Humanities, 1 (2).

Amin, Ahmad Kholiqul. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4 (2).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak Jejak Publisher.
Ari Wijayanti & Sriyanto. (2021). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Sumbang. Proceedings Of The Integration Of Disaster Mitigation Learning In School. Vol 1.
Arman (2011). Disiplin Sosial. Jakarta: Insani Press, h. 87.

Bilfaqih, Yusuf. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5 (1).
Chodzirin, Muhammad. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Jurnal of Information Technology, 1 (2).

Haryati, S., & Sukarno, S. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2).

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: media akademi.
https://www.hadits.id/hadits/tirmidzi/2571

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, Vol. 3. No. 02

Khoiroh, Nikmatul. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas." Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10.2

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, Vol. 4 No. 2

Langgulung, Hasan. (2000). Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al-Husna Zikra, h. 248

Munardji. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan I, h. 89. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Risnayanti. (2004). Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Taman Kanak-Kanak Islam Ralia Jaya Villa Dago Pamulang, h.15-17. Jakarta: Perpustakaan Umum,

Rosiyanti, Anita, Proses Manajemen, h. 7. Universitas Negeri Semarang.
Published
2023-02-09
How to Cite
St. Muslimat Hatta, Rajindra, & Hajar Anna. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP NEGERI 1 TOTIKUM DALAM TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 2(01), 61-76. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/view/3282