Isu-Isu Kontemporer Kepemimpinan Islam pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus pada MAN 2 Palu)

  • Mukhtar Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Universitas Muhammadiyah Palu
  • Isnada Waris Tasrim Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: KepemimpinanYang Berkarakter, Meningkatkan, Mutu Madrasah

Abstract

bahwa madrasah dianggap bermutu, apabila bisa mengantarkan siswa atau peserta didik dapat mengembangkan kemampuan intelektual dan membentuk nilai-nilai karakter, meningkatkan kemampuan peserta didik, insan-insan yang unggul, memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt, mempunyai akhlak yang baik, berpengetahuan, inovatif, berkarakter, serta bertanggung jawab.Konsep kepemimpinan berbasis karakter dalam meningkatkan mutu  madrasah yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu adalah: (a). Kepemimpinan yang terarah, berkarakter akademik development dan religius awareness.(b). Kepemimpinan yang terarah memiliki sifat-sifat diantaranya: Jujur, amanah, fathanah, dan tablig (komunikatif).(c). Nilai-nilai akademik development yang dikembangkan yaitu: tanggung jawab, komunikatif, kedisiplinan, kejujuran kontrol diri dan nilai-nilai religius awareness yang dikembangkan yaitu: keteladanan, mencintai kebaikan keikhlasan.

References

Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah.”Jurnal Pencerahan 8, no. 2.
Arif, Moh. 2013. Manajemen madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2.
Arifin, Muhammad. 2017. Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 1.
Aziz, Amrullah. 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam. STAI Pancawahana Bangil.
Haris, Amin. 2018. Kepemimpinan Pendidikan, Teori, Studi Kasus & Aplikasi, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Al-karim L. 2015. Gaya Kepemimpinan Kyai Lukman Al-karim dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang ). Tesis. tidak dipublikasikan. 15: 497-518.
Athoillah, Anton. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Anoraga, Pandji. 2000. Manajemen Bisnis. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badrudin. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Brahmasari, Ida Ayu,, dan Suprayetno, Agus. 2009. Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan 10, no. 2, 2009.
Budiati, Lilin. 2016. Diklat Kepemimpinan Pola Baru Dalam Perspektif Inovasi dan Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota 11, no. 2.
Dadie, Camela Ikey Badhoeg, dan Rini Nugraheni. 2016. Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Madu Baru Bantul Yogyakarta). Jurnal Studi Manajemen Organisasi 13, no. 1.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Diponegoro.
Koesoema, Doni A. 2010. Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo.
David L. Goetsch dan Stanley B. Davis, 2002. Manajemen Mutu Total Alih Bahasa; Benyamin Molan, Jakarta: PT. Prenhallindo.
Donni Juni Priansa, rismi Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta,
Emron Edison, Yohny Anwar, Imas Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.
El Widdah, Minnah., Suryana, Asep., dan Musyaddad, Kholid. 2012. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Fadhl M. 2018. Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. At-Ta’dib J Ilm Pendidik Agama Islam. 2018;10(2):116-127. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/169/114
George R. Terry, Leslie W. Rue. 2019. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Husna F. 2017. Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISYKAT J Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb. 2017;2(2):131. doi:10.33511/misykat.v2n2.131-154
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
H. Teman Koesmono. 2007. Pengaruh kepemimpinan dan tuntutan tugas terhadap komitmen organisasi dengan variabel moderasi motivasi perawat rumah sakit swasta Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 9, no. 1.
H. A. Rusdiana. 2017. Manajemen Evaluasi, Program Pendidikan, Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ipandang. 2017. Filsafat Akhlak dalam Konteks Pemikiran Etika Modern dan Mistisisme Islam Serta Kemanusiaan. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 10, no. 1.
Kholis, Nur Zamroni., dan Sumarno. 2014. Mutu sekolah dan budaya partisipasi stakeholders. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 2.
Koentjaraningrat. 1996. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Kompri. 2016. Manajemen Pendidikan, Komponen-Komponen Kemajuan Sekolah, Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.
Jamian, Muhd Norizam dan Aziz, Nor Asma Ab. 2018. Akhlak Pemimpin dalam Hikayat Isma Yatim: Satu Analisis Pendekatan Adab. Jurnal Melayu 2, No. 17, 11.
Lickona, T. 2013. Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta:Bumi Aksara.
Mundiri, Akmal., dan Zahra, Irma. 2017. Corak Representasi Identitas Ustadz dalam Proses Transmisi Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2, No. 1, 9.
Mudzakir, Dede. 2016. Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Studia Didaktika 10, no. 02.
McCain, John & Salter, Mark. 2009. Karakter-Karakter yang Meng gugah Dunia. Terjemahan T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 50-53.
National G, Pillars H. 2017. Karakteritik Kepemimpinan dalam Organisasi Pendidikan Islam. Edukasi, 05(01):168-192.
Rivai, Veithzal., dan Mulyadi, Deddi. 2010. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Gravindo Persada.
Rahmi L., & Jamal J. 2018. Kepemimpinan dan birokrasi perpustakaan dalam perspektif Islam: Sebuah tinjauan teoritis untuk masa depan. Shaut Al-Maktabah J Perpustakaan, Arsip (1):63-82. doi:10.15548/shaut.v10i1.6
Robbins & Judge. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management In Educatian. Yokyakarta: IRCiSoD.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi.
Soemanto, W, 2003. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.
Sleman NT, Tri A, Dina R. 2017. Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah An- Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Manajemen Perubahan Perubahan dalam Pendidikan Islam Didin Kurniadin dan Imam. Tadris, Volume 12(2).
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Jogyakarta: Media Wacana
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.
Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), 2003. Cetakan I. Jakarta: Sinar Grafika.
Walid, Muhammad. 2012. Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah/Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1, no. 1.
Wursanto IG. 1990. Manajemen Kepegawaian. Surabaya: Kanisius.
Wahyudi. 1996. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfa Beta.
Wiyani, Novan Ardy, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Wahdjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo, 2003.
Yusuf, Musfirotun. 2018. Manajemen Pendidikan: Sebuah Pengantar. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Media Komunikasi FIS 12, No. 2, 20.
Zaini, A. H. F, 2013. Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami. Bandung: Gunung Djati Press.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga.
Published
2022-08-18
How to Cite
Mukhtar, Surni Kadir, & Isnada Waris Tasrim. (2022). Isu-Isu Kontemporer Kepemimpinan Islam pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus pada MAN 2 Palu). Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 1(01), 16-27. https://doi.org/10.47400/jemil.v1i01.2707