Peranan Guru Agama dalam Membina Akhlak Peserat Didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Pasat Palu

  • mansur mansur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini meliputi: bagaimana peran guru agama dalam melakukan pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu. bagaimana efektivitas guru agama dalam pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu. Penelitian  ini adalah penelitian  lapangan (field research) dan jenisnya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian  ini, Ada dua bentuk pembinaan  akhlak bagi peserta  didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu; yakni: pembinaan akhlak secara preventif dan kuratif. Pembinaan akhlak secara preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya kenakalan peserta didik; meliputi: Peraturan Madrasah, terdiri dari tata tertib Madrasah dan penegakan disiplin; tanggung jawab tenaga  pembina, yakni kepala sekolah, guru agama dan guru mata pelajaran non-PAI; tersedianya sarana prasarana namun belum memadai; suasana lingkungan Madrasah yang cukup kondusif; dan program kegiatan pengembangan diri. Pembinaan akhlak dapat berjalan dengan lancar karena mengoptimalkan  faktor  pendukung  dan meminimalisir faktor kendala,  baik  kendala internal maupun kendala eksternal. Kendala internal meliputi: Kendala lingkungan fisik dan lingkungan psikologis; kurangnya sarana prasarana yang bernuansa keislaman; tata tertib Madrasah belum akomodatif terhadap nilai-nilai ajaran Islam; dan masih ada sebagian guru yang  rendah kesadaran mengajarnya. Sedangkan kendala eksternal meliputi: kurang dukungan orang tua terhadap kebijakan Madrasah, input rendah kemampuan akademiknya, persoalan luar dibawa ke sekolah, lingkungan tempat tinggal peserta didik yang tidak kondusif,  dan dampak negatif  dari kemajuan  teknologi  dan globalisasi.

References

Sulasmi E, Akrim A, Gunawan G. KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Kumpul Buku Dosen. 2018;1(1).

Nasirrudin M. Pondok pesantren sebagai agen perubahan sosial: Penelitian di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2018.

Magister DMPMG. Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Pendidikan Agama pada Anak di Madrasah Diniyah Babussalam Mojopahit Punggur Lampung Tengah.

Syazili A. Hubungan keluarga harmonis dan tingkah laku siswa: Studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia (SMP PGRI) 13 Sempu Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2008.

Sunardi SH. Strategi Promosi Radio Republik Indonesia Surakarta (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran). Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2012.

Kadji Y. Metode Penelitian Ilmu Administrasi. Deepublish; 2016.

Ali M. Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo; 2009.

Mustari M, Rahman MT. Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada; 2014.

Sari I. Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant. 2018;9(1):41–52.

Published
2021-07-01
How to Cite
mansur, mansur. (2021). Peranan Guru Agama dalam Membina Akhlak Peserat Didik di Madrasah Aliyah Alkhairaat Pasat Palu. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(2), 88-93. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i2.909
Section
Articles