Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik
The Influence of Intensity of Reading the Qur'an on Religious Behavior in Class IX Students at SMP Muhammadiyah 1 Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Quran Terhadap perilaku keagamaan pada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Intensitas membaca Al-Qur'an bagi siswa adalah tingkat kesenangan yang penuh semangat yang ditunjukkan dalam sikap atau perbuatan saat melakukan ibadah karena Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam. Terdapat beberapa manfaat yang didapat saat membaca Al-Qur'an yakni: pahala yang berlimpah, berkedudukan istimewa di sisi Allah, menjadi syafaat bagi yang membacanya, membersihkan hati, selalu bersyukur, dan mendapat derajat yang tinggi di akhirat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca Al-Qur'an bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gresik sangat berpengaruh terhadap perilaku keagamaan di kehidupan sehari-hari. Seperti merasa lebih tenang, kesabaran lebih meningkat, merasa lebih dekat dengan sang pencipta dan membaca memotivasi diri dalam beribadah.
References
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. Keterlibatan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara (Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021), h. 1–8.
Badry, Mayang Sahni, Rini Rahman. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. (An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.4, November 2021)
Bambang Syamsul Arifin. 2015. Psikologi Agama. Bandung: Pustaka Setia.
Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Cet.2). Rajawali
Cholil, A.-U. A. (2014). Dahsyatnya Al-Quran: Al-Qur’anul Karim menjadi petunjuk dan solusi bagi umat manusia dalam mengarungi samudera kehidupan. AMP Press.
Dewi, D. M., & Suharso, S. Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas Vii (Indonesian Journal Of Guidance And Counseling, 2013), h. 8.
Dian Wasilah. 2019. Pengaruh Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Jalaluddin. 2015. Psikologi Agama Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan 67 prinsip-prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers, h. 223.
Uswatun, K. (2018). Adab Membaca Al-Qur’an dalam Kitah Attibyan Fii Adaabi Hamalatil Qur’an. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Copyright (c) 2025 Muhammad Rohman Maulana, Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â