Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Rasa Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik
The Role of Islamic Religious Education Teachers in Cultivating a Sense of Social Concern in Grade X Students of SMA Muhammadiyah 1 Gresik
Abstract
Artikel ini membahas tentang bagaimana cara guru Pendidikan gama islam dalam menumbuhkan karakter kepedulian sosial pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya waktu dalam kurikulum untuk mendalami topik - topik kepedulian sosial dan beragam latar belakang siswa yang mempengaruhi pemahaman mereka terhadap materi. Guru dalam lingkungan sekolah menjadi tauladan bagi peserta didik, juga sebagai berperan penting dalam menumbuhkan rasa kepedulian sosial bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan karakter kepedulian sosial peserta didik, dan Mendeskripsikan bentuk kepedulian sosial yang dilakukan oleh peserta didik.
References
Amaniyah, Isma Fitriyatul, and Ali Nasith. 2022. “Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Ips.” Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1(2):81–95. doi: 10.18860/dsjpips.v1i2.1377.
Anak, Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial. 2008. “Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia.” Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.
Apriyani, Nur Muharromi, Dudung Amir Soleh, and Mohamad Syarif Sumantri. 2021. “Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 7(2):110–17. doi: 10.31932/jpdp.v7i2.1231.
Bintang, Abdul Rahman, Makruf Makruf, Aqbil Daffa Siahaan, and Gusmanelli Gusmanelli. 2023. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Journal of Mandalika Social Science 1(2):71–78. doi: 10.59613/jomss.v1i2.49.
Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, and Syarnubi Syarnubi. 2022. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Smp Negeri 10 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 4(1):39–51. doi: 10.19109/pairf.v4i1.5390.
Latifah, Eli. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa.” Jurnal Tahsinia 4(1):40–48. doi: 10.57171/jt.v4i1.357.
Rahmah, Intan Siti. 2023. “Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMP KHZ Musthafa.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):256–61. doi: 10.56832/edu.v1i2.59.
Satriani, Sitti. 2017. “Peranan Guru PAI Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjamaah.” Jurnal Tarbawi 2(1):Hal 35.
Sihite, Dorawan Lia, Tri Indah Sari, Reh Bungana Beru PA, and Deny Setiawan. 2023. “Tantangan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa Generasi Z: Studi Kasus Bullying Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Learning and Educational Studies 1(2):121–32. doi: 10.62385/ijles.v1i2.58.
Suprihatin, Titin, Elva Nur Sichatillah, Wiwik Asih Rahayu, Fairuz Zulfa Aleokta Putri, Dwita Ilaesa, and Indah Fara Wangsit. 2023. “Perbedaan Kepedulian Sosial Remaja Di SMA X.” Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP) 3(1s):111–19. doi: 10.25299/jicop.v3i1s.12350.
Syahnita, Rini. 2021.” Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat 6.
Widiyani, Umi. 2022. “Peran Guru Ips Dalam Menanamkan Sikap Empati Kepedulian Sosial Kelas Xi Sman 1 Slahung Ponorogo.”
Copyright (c) 2024 Adelya Indah Safirah, Noor Amirudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â