Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun pada Remaja Pedesaan
Parenting Patterns in Forming Polite Behavior in Rural Adolescents
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam membentuk perilaku sopan santun pada remaja pedesaan di Dusun Tlogogede. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Dusun Tlogogede Desan Ngasin Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pola asuh keluarga merupakan pondasi dalam pembentukan manusia di masa depan, membekali generasi muda dengan budi pekerti luhur sehingga menjadi manusia berkarakter, pola asuh terbaik sebagai bentuk tanggung jawab orang tua dalam hal membimbing serta mendidik anak-anaknya. Terdapat tiga jenis pola asuh, meliputi: pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diberikan orang tua di Dusun Tlogogede adalah pengasuhan otoriter. Pola asuh otoriter sejak kecil, membuat anak merasa selalu dikekang dan tidak mendapatkan kebebasan sehingga membuat anak memberontak dan bersikap kurang sopan santun pada orang tua. Meski begitu orang tua harus memberikan pengertian dan nasehat.
References
Dewi, D. M., & Suharso, S. Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas Vii (Indonesian Journal Of Guidance And Counseling, 2013), h. 8.
Hendri, H. 2019. Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 56-71.
Kia, A. D., & Murniarti, E. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.
Munif, M. 2018. Membangun fondasi keluarga sakinah dengan pendidikan. Jurnal Al-Murabbi, 4(1), 23-38.
Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslima, M. 2015. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85-98.
Ningrum, W. R. 2016. Pengaruh peranan dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129-137.
Octavia Aryanti, D., & Kanzunnudin, M. 2021. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia 10-12 Tahun. 7(4), 1517–1524. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1438
Pamilu, A. 2007. Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan. Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orang Tua. Citra Media: Yogyakarta.
Rachmawati, Y. & Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Shocib, M. 2010. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, L. 2017. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 115.
Tridhonanto, A. & Agency, B. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zuriah, N. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2024 Mochamad Fakhri Ariono, Noor Amirudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â