IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BIROMARU KECAMATAN SIGI KABUPATEN SIGI

Nirmala Paputungan(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan sektor penting bagi pembangunan kualitas dan kesejahteraan bangsa, serta menjadi sarana investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang efektif. Seiring dengan era baru system otonomi daerah, dunia pendidikan mengalami perubahan drastis menuju system desentralisasi. Penyerahan wewenang terhadap pelaksanaan pendidikan di daerah ini, merupakan kebijakan baru dunia pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap model dan kurikulum di sekolah. Tujuan: Untuk melihat bagaimana bentuk kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Metode: Jenis penelitian ini menggunakann pendekatan kualitatif deskritif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, staf tata usaha, dan siswa SMP 1 Negeri Biromaru. Teknik pengumpulan data bersifat triangulasi dengan wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Hasil: Menurut informan, bentuk kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Biromaru adalah peningkatan kinerja guru melalui pemberdayaan perangkat dan supervise kelas, pelatihan guru melalui kegiatan MGMP dan workshop, instruksi pengembangan proses pembelajaran berdasarkan karakteristik dan kempuan peserta didik, membawa dan membaca Alquran bagi peserta didik muslim, dan menginstruksikan pemanfataan masjid untuk peningkatan praktek-praktek amal ibadah. Kesimpulan: peningkatan kinerja guru melalui pemberdayaan perangkat pembelajaran dan supervisi kelas merupakan salah satu bentuk kebijakan kepala sekolah SMP 1 Negeri Biromaru.


References


Hasbullah. (2006) Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta; Rajja Grafindo Persada.

Syafaruddin (2008) Efektifitas Kebijakan Pendidikan Konsep, Strategi dan Aplikasi kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta; Rineka Cipta.


Article Statistic

Abstract view : 15 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 18 times PDF (Bahasa Indonesia) views : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nirmala Paputungan