Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Permainan pada Siswa Kelas VIII MTS. Muhammadiyah Al-Haq Palu
To Improve Learning Result of PKn Through the Game Menthod in VIII Grade Students of MTS Muhammadiyah Al-Haq Palu
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil penerapan metode permainan terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bagi kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Data penelitian selain data kualitatif hasil observasi terhadap siswa maupun guru, juga terhadap data kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskrptif, yakni mencari rerata skor baik aktivitas siswa (Prakarsa dan Kepemimpinan) kemudian direduksi sehingga diperoleh peringkat-peringkat capaian dalam kategori kurang, baik, amat baik, memuaskan dan amat memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu, dimana capaian hasil pada aspek tingkah laku yang meliputi unsur prakarsa dan kepemimpinan rata-rata pada siklus 1 sebesar 78,86, sedangkan pada siklus II sebesar 84,44. Hasil belajar dibidang kognitif pada siklus I tes awal 26,67 setelah tes akhir 70,95 dengan peningkatan 43,52. Pada siklus II tes awal 24,67, tes akhir 83,81, besar peningkatan 59,14 Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu.
References
2. Departemen Pendidikan Nasional (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdikbud, Jakarta.
3. Kusnandar. (2007). Guru Profesional, Implemetasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafindo, Jakarta.
4. Lukmanul, Hakim (2008). Perencanaan Pembelajaran. Wacana Prima, Bandung.
5. Sanjaya, Wina (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Metode Klinis Bagi Peningkatan Berfikir Siswa dalam Pembelajaran PKn di SMP. Disertasi Tidak Diterbitkan.