Minat Para Remaja dalam Mempelajari Agama di MT Ashabul Qur’an, Kota Serang, Banten
The Teenagers’s Interest in Studying Religion at MT Ashabul Qur’an, Serang City, Banten
Abstract
Remaja merupakan proses peralihan dari masa kanak-kanak menuju fase pendewasaan, dimana pada masa kanak-kanak mereka belum memiliki wawasan yang luas dan belum bisa mengontrol dirinya secara baik. Mempelajari agama pada fase remaja sangatlah penting karena agama adalah kompas yang akan menunjukkan ke arah hidup yang lebih baik dan terarah, sehingga remaja tidak salah dalam mengambil keputusan. Dan didalam pengumpulan data, penulis menggunakan desain kualitatif yaitu narrative inquiry dan instrument penelitiannya yaitu wawancara terhadap pimpinan majelis ta’lim ashabul Qur’an dan pembahasan nya tidak hanya membahas minat remaja dalam mempelajari agama di majelis ta’lim ashabul Qur’an tetapi juga membahas tentang majelis tersebut (semi structure interview). Oleh karena itu menurut hasil penilitian penulis, sesungguhnya minat remaja dalam mempelajari agama di majelis ta’lim ashabul Qur’an sangatlah antusias terlebih dengan adanya dukungan dari orang tua para remaja serta masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, di majelis ta’lim ashabul Qur’an juga sudah memiliki banyak program yang sudah dijalankan dengan baik dan diikuti para remaja secara efektif.
References
Rofiq A. Pusat Informasi dan Konseling Remaja: Upaya Perwujudan Pendidikan Nonformal. Diklus J Pendidik Luar Sekol. 2019;3(2):73–84.
Subagia IN. Konfrontasi Etika Remaja Pada Zaman Globalisasi. Denpasar: IHDN Denpasar; 2015.
Hidayatullah MS. Analisis Komponen Makna dan Makna Leksem dalam Kontruksi Kalimat Uli Al-Amr dan Amir Al-Mu’minin. Bul Al-Turas. 2008;14(1):41–56.
Azis A, Hanum F. Studi Perilaku Konsumsi Alkohol di Tinjau Dari Kepribadian Big Five Pada Remaja Yang Datang Ke Clubbing. Universitas Medan Area; 2015.
Noor TR. Remaja dan Pemahaman Agama. Vicratina J Pendidik Islam. 2019;3(2):54–70.
Copyright (c) 2022 Sriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â