Model Internalisasi Akhlakul Karimah di Era Revolusi Industri 4.0 di MI DDI No 372 Lampa Polman

Internalization Model of Akhlakul Karimah in the Industrial Revolution Era 4.0 at MI DDI No 372 Lampa Polman

  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare Jl. Jend Ahmad Yani Km.5.Kota Parepare Sulawesi Selatan
Keywords: Model Internalisasi, Akhlakul Karimah, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Latar Belakang: Internalisasi Akhlakul Karimah menjadi pondasi utama penanaman akhlakul karimah pada peserta didik. Model internalasisiasi yang telah diterapkan pada madrasah menjadi sasaran yang diyakini mampu memperbaiki generasi bangsa dan meningkatkan pendidikan karakter peserta didik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model internalisasi guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik di era revolusi industry 4.0 di MI DDI NO.372 Lampa Polman, selanjutnya untuk mendeskripsikan dan menganalisis hambatan guru PAI dalam internalisasi akhlakul karimah peserta didik di era revolusi industry 4.0 di MI DDI NO.372 lampa polman. Dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis jenis jenis hambatan serta solusi guru PAI dalam internalisasi akhlakul karimah di era revoluasi industry 4.0 di MI DDI No. 372 Lampa Polman.

Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis data berupa triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan triangulasi waktu.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa model internalisasi akhlakul karimah peserta didik era revolusi Industry 4.0 di MI DDI No. 372 Lampa Polman meliputi model pembelajaran inovatif, model keteladanan, model pendekatan personal dan model pembiasaan yang baik, kemudian terdapat Hambatan guru PAI dalam mengaplikasikan mode internalisasi akhlakul karimah peserta didik di era revolusi industry 4.0 di MI DDI No. 372 Lampa Polman meliputi adanya fasilitas yang kurang mendukung, penggunaan gawai yang tidak terkontrol, kurangnya kesadaran, pengaruh lingkungan dan kurangnya peran orang tua dan solusi atas hambatan guru PAI dalam mengaplikasikan model internalisasi akhlakul karimah peserta didik di era revolusi industry 4.0 di MI DDI No. 372 Lampa Polman meliputi pelaksanaan penggunaan materi pembelajaran yang inovatif, melakukan pendampingan, pembiasaan dan pemberian hukuman.

References

Lase D. Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN J Ilm Teol Pendidikan, Sains, Hum dan Kebud. 2019;12(2):28–43.

PANGESTU A. PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER MENUJU INTERNALISASI AKHLAKUL KARIMAH DI SMK N 3 SALATIGA TAHUN 2020. 2021;

Rahman A, Nuryana Z. Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. 2019;

Asyari F. Tantangan Guru PAI Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa di SMK Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat. Muslim Herit. 2019;4(2).

Sugiyono M. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alf. 2008;

Bogdan R, Taylor SJ, Taylor SS. Introduction to qualitative research methods: A phenomenological approach to the social sciences. Wiley-Interscience; 1975.

Fatimatuzahroh F, Nurteti L, Koswara S. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. J Penelit Pendidik Islam. 2019;7(1):35–50.

Ma’arif S. Pemikiran Tentang Pembaharuan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana. 1991;

Gustini N. Bimbingan Dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali. Tadris J Kegur Dan Ilmu Tarb. 2016;1(1):1–14.

Nurfirdaus N, Risnawati R. Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). J Lensa Pendas. 2019;4(1):36–46.

Armai A. Pengantar Ilmu dan Metodologi pendidikan islam. Jakarta: Ciputat Press; 2002.

Ratnaya IG. Dampak negatif perkembangan teknologi informatika dan komunikasi dan cara antisifasinya. J Pendidik Teknol Dan Kejuru. 2011;8(1).

Syaparuddin S, Meldianus M, Elihami E. Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2020;1(1):30–41.

Karo-Karo IR, Rohani R. Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM J Pendidik Dan Mat. 2018;7(1).

Munawwaroh A. Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. J Penelit Pendidik Islam. 2019;7(2):141.

FIKRIYAH M. METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. 2019;

Gunawan I, Ulfatin N, Sultoni S, Sunandar A, Kusumaningrum DE, Triwiyanto T. Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagog J Ilm Pengabdi Kpd Masy. 2017;1(1).

Published
2022-07-14
How to Cite
Rahmaniah, R. (2022). Model Internalisasi Akhlakul Karimah di Era Revolusi Industri 4.0 di MI DDI No 372 Lampa Polman: Internalization Model of Akhlakul Karimah in the Industrial Revolution Era 4.0 at MI DDI No 372 Lampa Polman. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 62-69. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i2.2342
Section
Articles