Peran Asrama Santriwati Sebagai Model Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga Kec. Banggae Timur Kabupaten Majene

The Role of the Female Dormitories as a Model for Multicultural Education at the Ihyaul Ulum Islamic Boarding School DDI Baruga, East Banggae District, Majene Regency

  • Nurbiah Nurbiah Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Asrama Santriwati, Pendidikan, Multikultural

Abstract

Latar Belakang: Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa membutuhkan prinsip multikultural agar dapat hidup bermasyrakat secara tentram, damai dan saling menghormati. Begitupun di Pondok Pesantren yang merupakan miniatur masyrakat, yang berasal dari daerah berbada-beda kemudian tinggal di asrama pesantren, agar tidak terjadi konflik atau gesekan diperlukan pendidikan multikultural.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran asrama dalam menerapkan pendidikan multikultural.

Metode: Penelitian ini bersifat kualitatif, Analisis datanya menggunakan penelitian lapangan, observasi, wawancara, dokumentasi dengan sumber data adalah Pimpinan Pondok pesantren, Pembina Santriwati dan santriwati.

Hasil: Dari hasil penelitian ini didapatkan peran asrama adalah sebagai fasilitator atau mediator, kemudian model pendidikan berwawasan multikultural di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga itu terealisasi dalam aturan-aturan asrama yang bersifat kondisional dan hidden curiculum (kurikulum yang tidak terkonsep secara tekstual namun aturannya memuat nilai-nilai pendidikan berwawasan multikultural). Faktor pendukung penerapan pendidikan multikultural di asrama santriwati yaitu: asrama sebagai fasilitas, kemudian aturan-aturannya, pembina asrama serta santriwati. Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya pembina asrama dan masih ada segelintir dari santriwati yang mengedepankan ego pribadi, daerah dan status sosial.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa asrama di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga menjadi media atau fasilitas serta wadah melakukan pembinaan melalui peraturan, kegiatan, metode untuk para santriwati yang berasal dari luar daerah asrama sebagai penunjang terlaksananya pendidikan yang berwawasan multikultural secara alami.

References

Maksum A, Ruhendi LY. Paradigma pendidikan universal di era modern dan post-modern: mencari" visi baru" atas" realitas baru" pendidikan kita. IRCiSoD; 2004.

Jandra M. Islam dalam konteks Budaya da Tradisi Plural, dalam buku Agama dan Pluralitas Budaya lokal. Jina Surakarta: UMS Press; 2002.

Kementerian Agama RI. al-Qur’an Terjemah dan Tajwid. Bandung: Sygma. 2014;

Faoziah N. Peran dan Tantangan Pengembangan Pendidikan Islam Berwawasan M ultikultural di Pesantren Sunan Pandanaran. J Kaji Islam Interdisip. 2019;1(2).

Mahfud C. The global and local challenges of Islamic education in contemporary Indonesia. Sci J PPI UKM. 2016;3(2).

Dhofier Z. Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Lp3es; 2011.

Arief A. Sejarah Pertumbuhan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa Klasik. Bandung: Angkasa. 2014;

Mujamil Q. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta PT Gelora Aksara Pratama. 2005;

Aly A. Studi deskriptif tentang nilai-nilai multikultural dalam pendidikan di pondok pesantren modern Islam Assalaam. J Ilm Pesantren. 2017;1(1 Januari).

Ibrahim R. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin. 2015;7(1).

Susanti RD. Menguak Multikulturalisme Di Pesantren: Telaah Atas Pengembangan Kurikulum. Addin. 2015;7(1).

Agustian M. Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta; 2019.

Muliati B. Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural Di Pondok Pesantren (Studi Etnografi di Kabupaten Kediri). At-Tajdid J Ilmu Tarb. 2018;6(1):43–69.

Purwasih GD. Penanaman Nilai Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung. Akad J Manaj Pendidik Islam. 2019;1(2):123–49.

Aly A. Pendidikan islam multikultural di pesantren: Telaah terhadap kurikulum pondok pesantren modern islam assalam surakarta. Pustaka Pelajar; 2011.

Published
2022-07-14
How to Cite
Nurbiah, N. (2022). Peran Asrama Santriwati Sebagai Model Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga Kec. Banggae Timur Kabupaten Majene: The Role of the Female Dormitories as a Model for Multicultural Education at the Ihyaul Ulum Islamic Boarding School DDI Baruga, East Banggae District, Majene Regency. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 52-61. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i2.2341
Section
Articles