Dinamika E-Learning pada Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Tinjauan Kondisi Teknologi di Masa Pandemi Covid-19)

Dynamics of E-Learning in Learning Models in Higher Education (Overview of Technological Conditions during the Covid-19 Pandemic)

  • Nazil Fahmi Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Dzakiah Dzakiah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Firdiansyah Alhabsyi UIN Datokarama Palu
  • Mudaimin Mudaimin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: E-Learning, Pembelajaran, Perguruan Tinggi, Pandemi Covid-19

Abstract

Latar belakang: Keberadaan teknologi memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung. Pemeberian materi pembelajaran dapat diberikan secara platform yang dimanfaatkan untuk pelaksanaannya seperti memanfaatkan platform whatsapp, google meet, google classroom, zoom cloud meeting atau platform yang lainnya. Jadi,

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan teknologi dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang masih belum termanfaatkan secara maksimal dan merata baik perangkatnya maupun manajemennya. Serta menyoroti tentang dinamika pemanfaatan e-learning sebagai model pembelajaran yang diterapkan di perguruan tinggi.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan kajian study pustaka (library research) dengan melalui teknik pengumpulan data dengan memanfaatkan kepustakaan seperti buku, jurnal dan dokumen yang relevansi dengan judul penelitian.

Hasil: Penelitian ini menyatakan bahwa tidak meratanya pengadaan fasilitas berupa sarana prasarana yang mendorong dalam penggunaan teknologi di dunia pendidikan dan ketidaksiapan sumber daya manusia untuk menggunakan teknologi informasi serta komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Inilah yang menjadikan hambatan serta tantangan yang terjadi saat pemberlakuan model pembelajaran e-learning di perguruan tinggi pada masa pandemi. Namun, hal tersebut dapat diantisipasi dengan kerjasama seluruh stekholder dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa pandemi covid-19 memulai transformasi digital yang luas, tiba-tiba, dan dramatis dalam masyarakat. Pandemi memaksa untuk melakukan lompatan digital di bidang teknologi pendidikan. Untuk penggunaan informasi, pemeriksaan terhadap kehidupan digital pengguna diperlukan untuk mempersiapkan teknologi pendidikan.

References

Ni Komang Sutriyanti. COVID-19: Perspektif Pendidikan. Cet. 1. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2020. 115 p.

Rachmadonna Shinta Daulay, Hidayah Pulungan, Adelia Noviana SH. Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. AL-ULUM (JURNAL Pendidik Islam. 2020; Vol. 1 (No.1): 31–2.

Unik Hanifah Salsabila, et. al. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah J Penelit dan Kaji Sos Keagamaan. 2020; Vol. 17 (No. 2):190.

Isyani. BUNGA RAMPAI Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19. Cet. 1. Febriani Fajar Ekawati, dkk, editor. Tulungagung: Akademia Pustaka; 2020. 244 p.

Farid Abdullah, Dewi M. Sya’bani, Bandi Sobandi, Bambang Tri Wardoyo, Badrul Isa SS. Strategi di Masa Pandemi pada Masyarakat 5.0: Inovasi Pembelajaran Batik Indonesia – Malaysia. In Jakarta: Seminar Nasional Desain; 2021. p. 2.

Dafydd Mali, Hyoungjoo Lim. How do students perceive face-to-face/blended learning as a result of the Covid-19 pandemic? Int J Manag Educ [Internet]. 2021;19:1. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii /S1472811721001014

Herri Mulyono, Gunawan Suryoputro, Shafa Ramadhanya Jamil. The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon [Internet]. 2021;7:2. Available from: https://www.sciencedirect. com/science/article/pii/S2405844021019563

Lokanath Mishraa, Tushar Gupta AS. Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. Int J Educ Res Open [Internet]. 2021;1. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2 666374020300121

Briliannur Dwi C et. al. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru J Pendidik Guru Sekol Dasar [Internet]. 2020;35. Available from: https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/559/313

Muhammad Yaumi. MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jakarta: Prenadamedia Group; 2018.

Z. Zayapragassarazan. COVID-19: Strategies for Online Engagement of Remote Learners [Internet]. India; 2020. (1). Available from: https://eric.ed.gov/?id=ED604168

CHIN CHOO ROBINSON HH. New Benchmarks in Higher Education: Student Engagement in Online Learning. J Educ Bus. 2008;84(2).

Jonathan W. Whitaker, et. al. MOOCs and the Online Delivery of Business Education: What’s New? What’s Not? What Now? Acad Manag Learn Educ [Internet]. 2016;15(2). Available from: https://journals.aom.org/doi/abs/10. 5465/amle. 2013.0021

Danna Greenberg and Paul Hibbert. From the Editors—Covid-19: Learning to Hope and Hoping to Learn. Acad Manag Learn Educ [Internet]. 2020;19(2). Available from: https://journals.aom.org/doi/full/10.5465/amle.2020.0247

Dana M. Barryab, Hideyuki Kanematsuc , Nobuyuki Ogawad, Paul McGratha. Technologies for teaching during a pandemic. Procedia Comput Sci. 2021;192.

Adisel, Ahmad Gawdy Prananosa. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Alignment Journal Adm Educ Manag. 2020;03(01).

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. Teknologi Pengajaran. Manado: Catholic University of De La Salle Manado; 1989.

Numiek Sulistyo Hanum. Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). J Pendidik Vokasi. 2013;03(01).

Rahayu Noveandini. Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-Learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/I Sekolah Dasar. In Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010); 2010.

Andri Anugrahana. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Sch J Pendidik dan Kebudayaan,. 2020; 10 (03).

Uun Almah, et.al. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing di SMKN 5 Malang. VICRATINA J Pendidik Islam. 2020; 05 (10).

Novianti Indah Putri, et. al. Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. J ICT Inf Commun Technol. 2021; 20 (01).

Julia Stoffregenab, Jan M. Pawlowskib. Theorising about barriers to open e-learning systems in public administrations. Technol Forecast Soc Change [Internet]. 2018;132:81–91. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/artic le/pii/S004016251630614X

Violeta MILIĆEVIĆ, et. al. E-learning perspectives in higher education institutions. Technol Forecast Soc Chang [Internet]. 2021;166. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0040162521000500

Shanan G. Gibson, et. al. Technology Acceptance in an Academic Context: Faculty Acceptance of Online Education. J Educ Bus [Internet]. 2008; 83 (06). Available from: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3200/JOEB.83.6.355-359

Dindin Jamaluddin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, Epa Paujiah. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2020.

Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. J Pendidik Islam. 2020; 03 (01).

Yosi Intan Pandini Gunawan dan Asep Amaludin. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19. J Madaniyah. 2021; 11 (02).

Boon Siong Neo GC. Dynamic governance: Embedding culture, capabilities and change in Singapore. Singapura; 2007. (2).

Alfian Erwinsyah. Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir J Manaj Pendidik Islam. 2017; 05 (01).

Nina Herlina. Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Civ J Civ Soc Stud. 2020; 04 (02).

Published
2022-07-14
How to Cite
Nazil Fahmi, Dzakiah, D., Alhabsyi, F., & Mudaimin, M. (2022). Dinamika E-Learning pada Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi (Tinjauan Kondisi Teknologi di Masa Pandemi Covid-19): Dynamics of E-Learning in Learning Models in Higher Education (Overview of Technological Conditions during the Covid-19 Pandemic). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(2), 44-51. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i2.2260
Section
Articles