Urgensi Supervisi Terhadap Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol

The Urgency of Supervision of Islamic Religious Education Subject Teachers at SMP Negeri 1 Paleleh Barat, Buol Regency

  • Sri Rahayu HS Hamid Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah yang peratama untuk mengetahui urgensi pelaksanaan supervisi terhadap pembelajaran di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol. Dan yang kedua untuk mengetahui implikasi pelaksanaan supervisi terhadap pemebelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui Analisis selama pengumpulan data dan Pengambilan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian ini yaitu: urgensi pelaksanaan supervisi terhadap pembelajaran di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol, yaitu: 1). Dapat Membantu guru menjadi guru yang  profesional dalam mengajar di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol, untuk menjadi guru yang berkualitas dan profesional dalam mengajar tentunya memerlukan manajemen yang bagus untuk melakukan kegiatan tersebut. 2). Dapat membantu motivasi belajar siswa di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol, untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pembelajaran maka seorang guru harus mampu menumbuhkan motivasi belajar siswanya agar selalu dalam aktif proses belajar. Dan 3). Dapat mendorong untuk melakukan perubahan pola pembelajaran di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol. Adapun implikasi pelaksanaan supervisi terhadap pemelajaran pendidik Agama Islam di SMPN 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol, Yaitu: 1) Meningkatkan pemahaman guru dalam Pembuatan RPP sebagai perangkat administrasi. 2). Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Metode Dan Variasi Dalam Pembelajaran PAI. Dan 3). Meningkatkan pemahaman guru dalam penentuan metode mengajar agar membangun minat belajar siswa, memang sangat dibutuhkan kreativitas dan daya inovasi untuk melakukan perubahan.Dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah haruslah memiliki program kerja, melakukan pengawasan dalam setiap pelaksanaan sampai pada evaluasi yaitu mengukur dan menilai dari hasil kinerja yang telah dilakukan. Maka dapat meningkatkan produktifitas kerja para guru serta dapat mengembangkan profesionalisme menjadi lebih baik.

References

1. Akbal M. Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. In: Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial. 2017. p. 485–93.
2. Hidayat T, Saraswati D. PERENCANAAN PENINGKATAN INDEKS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN GRATIS DAN BERKUALITAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KAWASAN TIMUR INDONESIA. SENANTI 2014. :68.
3. Bafadhol I. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2017;6(11):14.
4. Toenlioe AJE. Teori dan Filsafat pendidikan. PENERBIT GUNUNG SAMUDERA [GRUP PENERBIT PT BOOK MART INDONESIA]; 2014.
5. Oka GPA. Media dan multimedia pembelajaran. Arya Oka; 2017.
6. Indonesia R. Undang-undang RI No 20, 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from www inherent-dikti net/files/sisdiknas. 2003;
7. Rukajat A. Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish; 2018.
8. Wijayanti DM. Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku). Formaci; 2017.
9. Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.
10. Nurdyansyah N, Fahyuni EF. Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center; 2016.
Published
2022-01-03
How to Cite
Sri Rahayu HS Hamid, Normawati, & Muhammad Rizal Masdul. (2022). Urgensi Supervisi Terhadap Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Paleleh Barat Kabupaten Buol: The Urgency of Supervision of Islamic Religious Education Subject Teachers at SMP Negeri 1 Paleleh Barat, Buol Regency. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 32-38. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2176
Section
Articles