Metode Pembelajaran Sains pada Sekolah Taman Kanak-Kanak (Studi pada : Tk Khalifah di Kota Palu 2021)

  • Elvira Elvira Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Sains, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriprisikan secara umum pelaksanaan pembelajaran sains di TK Khalifah di kota palu, menyajikan gambaran tentang kecerdasan naturalis pada anak usia dini, serta menguraikan efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran sains untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak di TK Khalifah di kota palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Dari analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran sains pada anak di TK Khalifah di kota palu dilakukan dengan metode bermain, metode cerita, metode hafalan, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode proyek dan metode tanya jawab. Kedua, dapat terlihat dari pelaksanaan pembelajaran sains tersebut yaitu anak-anak dapat mengenal binatang dan tumbuhan di sekitar mereka, mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan terhadap kelestarian alam, menyukai dalam bercocok tanam, senang dalam memelihara hewan peliharaan, senang dalam berdamawisata ke alam, senang ketika belajar tentang alam, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Ketiga, efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran sains untuk meningkatkan model pembelajaran sains di TK Khalifah yaitu pengembangan minat dan kemampuan pembelajaran sains di  TK Khalifah di kota palu meliputi, pembelajaran intrakurikuler dan ektrakurikuler serta dasar pembelajaran yang meliputi dasar-dasar pendidikan di TK Khalifah di kota palu, dan evaluasi/penilaian. Efektivitas pembelajaran sains dapat dilihat melalui penilaian hasil belajar anak dan ekspresi anak-anak, antusias/ semangat anak-anak dalam mengikuti setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru, serta bahan-bahan yang mendukung pembelajaran tersebut dan guru yang kreatif dan inovatif.

References

Hadini N. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empower J Ilm Progr Stud Pendidik Luar Sekol. 2017;6(1).

Utami FN, Pusari RW. ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH ANAK DALAM BERMAIN BALOK. J AUDI J Ilm Kaji Ilmu Anak dan Media Inf PAUD. 2018;3(2):70–9.

Sukisni N. Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Bercerita dengan Wayang Kardus pada Anak kelompok B Di Taman Kanak-kanak Kasih Bunda 02 Karangpelem, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Salim E, Hariyanti DPD. Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri pada Kelompok B Di TK Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. PAUDIA J Penelit dalam Bid Pendidik Anak Usia Dini. 2014;3(2 Oktober).

Fauziddin M. Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina kec. Bangkinang Kota. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2015;1(1):49–54.

Gading IK, Antara PA, Hidayat AS. PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Mimb Ilmu. 2019;24(2):141–50.

Iftitah SL, Anawaty MF. Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal Child Educ. 2020;4(2):71–81.

Asriyah SN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa-siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, terhitung sejak bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gebang. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dengan teknik sampling Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Pen dekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu (1) kesalahan makna bahasa;(2) kesalahan dalam me nentukan algoritma penyelesaian;(3) kesalahan dalam konsep operasi hitung matematika;(4) kesalahan dalam pengerjaan operasi hitung bilangan; dan (5) kesalahan dalam menarik kesimpulan. Matematika/FKIP; 2012.

Izza H. Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamata Muara Bulian. Pelaks Pembelajara Sains Anak Usia Dini di TK Negeri Pembin Kecamata Muara Bulian. 2017;

Husin H, Harianto D. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI. SMART KIDS J Pendidik Islam Anak Usia Dini. 2020;2(1):21–6.

Hani AA. Evaluasi pembelajaran pada PAUD. J CARE (Children Advis Res Educ. 2019;7(1):51–6.

Rahma J, Simamora RH. MENINGKATKAN PROMOSI DAN EVALUASI PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN UNTUK MENCIPTAKAN KEPUASAN DALAM PELAYANAN DI RUMAH SAKIT. 2020;

Oktavianti M, Fadillah F, Purwanti P. PERANAN GURU DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(1).

Published
2021-07-11
Section
Articles