Peran Komunikasi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SDN 1 Alitupu Kec. Lore Utara Kab. Poso

  • Nirmala Nirmala Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Meningkatkan Motivasi, Peran Guru, Pendidikan Agama Isam

Abstract

Penelitian ini membahas Tentang Peran Komunikasi Guru PAI Dalam Meningkatkan  Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam Disekolah SDN 1 Alitupu  KEC. Lore Utara KAB. Poso, Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a.) Bagaimana Peran komunikasi guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama islam di SDN 1 Alitupu? b.) Bagaimana Implikasi dari Komunikasi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di  Sekolah  SDN 1 Alitupu?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : a. Untuk mengetahui Peran komunikasi guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam  di  SDN 1 Alitupu?  b.Untuk mengetahui Implikasi dan kemampuan Komunikasi Guru PAI  dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Alitupu? Untuk menjawab permasalahan penelitian ini menggunakan metode pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data dari buku-buku referensi. Hasil Penelitian skripsi ini yaitu 1. Guru lebih Memahami karakter siswa, 2) Guru memberikan sikap positif kepada siswa. 3) Guru menerapkan hubungan timbal balik dengan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun Implikasi dari Kemampuan Komunikasi Guru PAI  dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Alitupu: 1) Siswa Lebih terbuka kepada Guru, 2) Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran, 3) Hasil belajar siswa lebih meningkat.

References

JANNAH TNUR. PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK DI RW 02 DESA BONGKOT PETERONGAN JOMBANG. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum; 2015.

Sutrisman D. Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia; 2019.

Hamidi H. Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Moral Remaja Di Desa Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA; 2020.

Rangga DA. Promosi Bagian Perencanaan Dan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Tentang Ciletuh Pelabuhanratu Unesco Global Geopark Sukabumi. Universitas Komputer Indonesia; 2019.

Lanani K. Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infin J. 2013;2(1):13–25.

Samura AO. Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi J Mat Dan Pendidik Mat. 2016;4(1).

Afandi MS. PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. IAIN SALATIGA; 2014.

Marbun M. Perilaku Komunikasi Mahasiswi Bercadar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Universitas islam Negeri Sumatera Utara; 2019.

SOLEKHAN NIM. PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. IAIN Purwokerto; 2018.

Inah EN. Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB J Kaji Ilmu Kependidikan. 2015;8(2):150–67.

Handayani NP, Syahrini TI. Peran Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika. Disk Panel Nas Pendidik Mat. 2019;5(1).

Haqi L. Pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Matholi’ul Huda 02 Troso Jepara tahun pelajaran 2015. UIN Walisongo; 2015.

Published
2021-07-11
Section
Articles