Penerapan Program Odoj (One Day One Juz) dalam Upaya Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Remaja di Kelurahan Petobo

  • Nailul Mawaddah Bahar Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Minat dan Kemampuan membaca Al-Quran, Program ODOJ

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana minat dan kemampuan remaja dalam membaca al-Quran di Kelurahan Petobo, (2) Mengetahui efektivitas penerapan program ODOJ (One Day One Juz) pada peningkatan minat dan kemampuanmembaca al-Quran pada remaja di Kelurahan Petobo. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif sebagai pendekatan penelitian, yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Dan didalam pengumpulan data, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa (1) minat dan kemampuan membaca al-Quran pada remaja di Kelurahan Petobo masih sangat kurang, kurangnya perghatian, arahan dan dorongan orang tua sangat mempengaruhi minat dan kemampuan membaca al-Quran pada remaja. (2) efektivitas penerapan program ODOJ pada peningkatan minat dan kemampuan membaca al-Quran pada remaja bisa dikategorikan baik. karena dengan adanya program ini remaja lebih bisa mengatur waktu untuk membaca al-Quran secara rutin.

References

Sulistiani SL. Perbandingan Sumber Hukum Islam. Tahkim (Jurnal Perad dan Huk Islam. 2018;1(1).

Basir A. Ayat-Ayat Al-Quran Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Tafsir Tarbawi). IAIN Antasari Press; 2013.

GOWA K, UMASANGAJI S. PERAN DA’I DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA ANAK JALANAN DIDESA BONTOALA KECAMATAN PALANGGA.

Gunawan I. Metode penelitian kualitatif. Jakarta Bumi Aksara. 2013;143.

Aisyah SS. Strategi Tahfidzul Quran pada Santriwati di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkmaz Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Banda Aceh; 2018.

Lubis RA. Pelaksanaan dauroh Al-Quran dalam meningkatkan kemampuan tahfizh Al-Quran di MIS Islam Terpadu Al-Hijrah Desa Bintuju Kecamatan Batang Angkola. IAIN Padangsidimpuan; 2018.

Rofiqoh YI, Fitriyah L. PENGARUH PROGRAM ODOJ (ONE DAY ONE JUZ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DIPONDOK PESANTREN DARUL MA’ARIF PUTRI BOJONEGORO. Muhadasah J Pendidik Bhs Arab. 2020;2(1):90–112.

Published
2021-07-11
Section
Articles