Peran Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea

  • Sriwati R. Saad Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Asnidar Bagian PIAUD, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Akreditasi Sekolah dan Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1. Peranan akreditasi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea, yang diarahkan pada penilaian penyelenggara pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah yang mencakup 8 standar pendidikan. Dalam pelaksanaan akreditasi ini, sekolah berupaya menunjukkan bukti pelaksanaan pendidikan yang mengarah pada 8 standar serta standar penilaian yang dilakukan oleh tim akreditasi yaitu, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, pendidik dan pendidikan. standar, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. 2. Implikasi pelaksanaan akreditasi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea, yaitu: 1). Sekolah berupaya meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan sesuai dengan rekomendasi Tim Akreditasi, 2). Berbagai persiapan yang dilakukan sekolah sebelum Tim Akreditasi datang, dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk menjaga mutu pendidikan, 3). Memberikan bimbingan kepada guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang menurut Tim Akreditasi belum memadai.

References

Agustina SE, Aswandi A, Wahyudi W. MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN OLEH KEPALA MADRASAH DI MTS IBNU TAIMIYAH SINGKAWANG. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7(4).

Parigi KSMUARH. Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Propinsi Banten.

Hajar R. Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah: Studi di MTs Assurur dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya. Indones J Educ Manag Adm Rev. 2018;1(1):89–98.

Raharjo SB. Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. J Penelit dan Eval Pendidik. 2012;16(2):511–32.

FAOZAN A. STANDARISASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.

SRIHANI S. ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SD Negeri Donohudan 3 Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali). Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2006.

WASIUDIN AA. Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam (Studi Kasus MI Raudhatul Athfal Meruyung). FITK: UIN JKT;

Sururi S. Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smk Se-kota Bandung. J Adm Pendidik. 2008;8(2).

Awaludin AAR. Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artik Pendidikan). 2017;2(1).

Nugrahani F, Hum M. Metode penelitian kualitatif. Solo Cakra Books. 2014;

Zulkifli M. Kinerja Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Al-TA’DIB J Kaji Ilmu Kependidikan. 2015;8(2):168–89.

Published
2021-07-03
How to Cite
Saad, S. R., & Asnidar. (2021). Peran Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 46-49. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1570
Section
Articles