Penerapan Akad Mudharabah pada Hewan Ternak Sapi dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat di Desa Lalundu Ditinjau dalam Hukum Islam

  • Ade Nuryana Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Akad Mudharabah, Hewan Ternak dan Hukum Islam

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Penerapan kerjasama bagi hasil (mudharabah) pada ternak sapi di Desa Lalundu Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala adalah aplikasi dari kerjasama dalam bidang mudharabah antara pemilik sapi dan pemelihara sapi. Modal berupa sapi, sedangkan dalam pemeliharaan perawatan, dan pemberian pakan ternak adalah sepenuhnya tanggung jawab dari pemelihara sapi. Sedang untuk pembagian hasil dengan ketentuan membagi rata anak sapi tersebut atau dapat juga berupa dalam bentuk uang dari hasil penjualan sapi dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. 2. Tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan bagi hasil (mudharabah) pada ternak sapi di Desa Lalundu Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam, yang sesuai adalah salah satu yang sesuai pada syarat perjanjian suka sama suka. Sedangkan yang belum sesuai dengan hukum Islam yaitu dalam hal pemenuhan akad, seperti tanggung jawaban apabila hewan sapi mati akibat kelalaian pihak pemelihar dan tidak adanya perjanjian tertulis yang mengakibatkan pelaksanaannya bisa saja terjadi kesalahpahaman dan konflik. Sehingga bisa menimbulkan perselisihan yang dapat menggangu terpenuhinya hak dan kewajiban masing-masing.

References

Syaefulloh S. Konsep Pendidikan Akhlak dalam Persefektif Al-Quran Surat Al-Luqman Ayat 12-19. J Aksioma Ad-Diniyyah Indones J Islam Stud. 2016;4(2).

ISLAM PE. PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU BENGKULU, 2017 M/1438 H.

Bandung PWBP, Barat AICJ. MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI. 2020;

Fakhruzy A. Sistem Operasional Akad Ijarah Pada Kinerja Tukang Bangunan Menurut Ekonomi Islam di Desa Kertagena Tengah Kabupaten Pamekasan. J BAABU AL-ILMI Ekon dan Perbank Syariah. 2020;5(1):60–75.

Badriyah S. Bagi Hasil pada Sistem Gaduh Kambing dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Bendosari Komering Putih Kecamatan Gunung Sugih). IAIN Metro; 2018.

Yudhawati DD, Listiowati E. Evaluasi Penerapan Identifikasi Pasien di Bangsal Rawat Inap RSI Siti Aisyah Madiun. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit). 2015;4(2).

Imroah I. Implementasi program campus social responsibility Pemkot Surabaya: studi kasus di UIN Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya; 2018.

Fathimah V. Pengaruh Perkembangan Jumlah Tabungan, Deposito dan Bagi Hasil terhadap Jumlah Pembiayaan yang Diberikan oleh Perbankan Syariah di Sumatera Utara. J Ilman J Ilmu Manaj. 2019;5(1).

Afifah S, Sobari A, Hakiem H. Analisis Produk Deposito Mudharabah dan Penerapannya pada PT BPRS Amanah Ummah. Al-Muzara’ah. 2013;1(2):139–60.

Kusumawardani T. Tinjauan Hukum Islam Tentang Bagi Hasil Dalam Kerja Sama Pengembangbiakan Ternak Sapi (Studi Kasus di Pekon Margodadi Dusun Sumber Agung Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus). UIN Raden Intan Lampung; 2018.

Published
2021-07-01
How to Cite
Nuryana, A. (2021). Penerapan Akad Mudharabah pada Hewan Ternak Sapi dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat di Desa Lalundu Ditinjau dalam Hukum Islam. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 34-40. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i1.1568
Section
Articles