Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Kepribadian dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Palu

  • M. Iksan Kahar Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berisi rumusan masalah yaitu pengaruh penggunaan smartphone terhadap kepribadian siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 3 Palu dan apakah ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. di SMKN 3 Palu. Data penelitian yang telah dikumpulkan dengan bantuan program komputer menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan dianalisis menggunakan sederhana rumus regresi linier. Pengujian penelitian menggunakan uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perbedaan pertama yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap kepribadian siswa di SMK Negeri 3 Palu. Hasil dari ini penelitian menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh variabel bebas (X) penggunaan smartphone terhadap variabel terikat (Y1) yaitu kepribadian siswa dengan 1,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kedua, perbedaan yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas (X) penggunaan smartphone terhadap variabel terikat (Y2) adalah aktivitas peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam mengidentifikasi kepribadian dan aktivitas belajar siswa terkait dengan penggunaan smartphone. serta sebagai bahan informasi bagi pendidik dalam menghadapi kondisi peserta didik yang sudah tidak lepas dari perangkat smartphone.

References

Ameliola S, Nugraha HD. Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. In: Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization. 2013.

Riwayadi P. Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. available at PLS-UM Database. 2013;

Aziz A. Komunikasi pendidik dan peserta didik dalam pendidikan islam. J Mediakita J Komun dan Penyiaran Islam. 2017;1(2).

Kalangi JS, Kalesaran ER. PEMANFAATAN INTERNET DAN PERKEMBANGAN IDENTITAS DIRI PELAJAR DI SMA NEGERI I KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA. ACTA DIURNA Komun. 2018;7(1).

Chandra SG, Adib A, Suhartono AW. Perancangan Mobile Apps Tentang Informasi Promo Kuliner di Surabaya. J DKV Adiwarna. 2015;1(6):12.

Hapsari S, Rachmawati L. Pengaruh Minat Baca Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X Ips Ma Al-Hidayah Bangkalan. J Pendidik Ekon. 2018;6(2).

Suryono H, Rejekiningsih T. Uji persyaratan analisis statistik. J Inov Pendidik. 2007;8(2).

Indradi D. PENGARUH LIKUIDITAS, CAPITAL INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi empiris perusahanManufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016.). JABI (Jurnal Akunt Berkelanjutan Indones. 2018;1(1):147–67.

Manik S. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian Kompensasi pada Karyawan Bank. Al-Masraf J Lemb Keuang dan Perbank. 2016;1(2):224–9.

Published
2021-06-29
How to Cite
Kahar, M. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Kepribadian dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Palu. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(1), 44-51. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i1.1556
Section
Articles