Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sojol Utara

  • Muhamad Natsir Junus SMKN 1 Sojol Utara
  • Israk Israk Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Metode Problem Solving, Aktivitas belajar dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan penggunaan Metode problim solving pada pada siswa kelas XI TKJSMK Negeri 1 Sojol Utaradapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,37. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah rata-rata 76,25 ada di atas KKM yang ditetapkan sekolah dengan nilai 70. Hasil belajar itu berada kategori cukup baik dengan ketuntasan  klasikal  sebesar 65,6 %. Sedangkan hasil belajar pada siklus II sebesar 86,88 dan termasuk kategori baik dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari  siklus I ke siklus II dengan penggunaan Metode problim solving sebesar 10,63. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan Metode problim solving selama penelitian antara lain: (1) masih  melekatnya kebiasaan siswa menerima pelajaran dari guru dengan metode cermah, dan mengerjakan tugas-tugas yang berpatokan pada LKS, sehingga keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat relative masih kurang. (2) Relatif masih kurangnya buku pelajaran yang dimiliki oleh siswa, siswa hanya belajar materi pelajaran dari materi ringkas yang ada pada LKS.

References

Widiansyah A. Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Hum. 2018;18(2):229–34.

Hermawan IC. Revitalisasi pendidikan politik dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. ATIKAN. 2013;3(1).

Mulyasa E. Kurikulum yang disempurnakan. Bandung PT Remaja Rosdakarya. 2006;

WIDYANI N. PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS VIII. 6 SMP NEGERI 3 BANJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2012/2013. J Pendidik Kewarganegaraan Undiksha. 2013;1(3).

Sulastri S. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas VIIIc SMP Negeri 2 Tolitoli. J Kreat Tadulako. 4(6):110823.

Rohani S. Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. J Pendidik Kewarganegaraan. 2017;7(1):49–59.

Nurlaila N. Pembelajaran fisika dengan PBL menggunakan problem solving dan problem posing ditinjau dari kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. UNS (Sebelas Maret University); 2013.

Istiqoma F. PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). UIN Raden Fatah Palembang; 2016.

Published
2021-06-29
How to Cite
Junus, M. N., & Israk, I. (2021). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sojol Utara. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(1), 19-26. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i1.1553
Section
Articles