Kinerja Bidan dalam Pertolongan Persalinan di Puskesmas Sulamadaha

  • Sahnawi Marsaoly Prodi DIII Kebidanan, Poltekes Kemenkes
Keywords: Kinerja Bidan, Pertolongan persalinan

Abstract

Bidan yang memiliki peran penting dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi, diharapkan mempunyai kinerja yang baik agar upaya-upaya kesehatan berjalan lancar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara faktor pengalaman, pelatihan dan beban kerja dengan kinerja bidan dalam pertolongan persalinan. Jenis penelitian ini deskritif analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di puskesmas Sulamadaha dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang bidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28 bidan (77,8%) memiliki kinerja baik, dan 8 bidan (22,2%) memiliki kinerja cukup. Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pelatihan  dengan kinerja bidan dalam pertolongan persalinan sedangkan faktor pengalaman dan beban kerja tidak ada hubungan. Jika pelatihan untuk para bidan sering dilakuakn maka kinerja bidan akan lebih baik lagi.  

References

Arista, N. (no date) ‘Pengaruh Kesesuaian Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Ditjen Bina Gizi dan KIA Kemenkes RI Tahun 2014’.

Ayuningtyas, D. (2008) ‘Hubungan kinerja bidan dalam penatalaksanaan antenatal care dengan quality work life di Kota Tasikmalaya tahun 2007’, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 11(04).

Chasanah, S. U. (2017) ‘Peran Petugas Kesehatan Masyarakat dalam Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu Pasca MDGs 2015’, Jurnal kesehatan masyarakat Andalas, 9(2), pp. 73–79.

Hamalik, O. (1991) Perencanaan dan manajemen pendidikan. Mandar Maju, Bandung.

Hariandja, M. T. E. (2002) Manajemen sumber daya manusia. Grasindo.

Ilyas, Y. (2002) ‘Kinerja: Teori, Penilaian, dan Penelitian, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan’, Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Kumar, S., Kumar, N. and Vivekadhish, S. (2016) ‘Millennium development goals (MDGS) to sustainable development goals (SDGS): Addressing unfinished agenda and strengthening sustainable development and partnership’, Indian journal of community medicine: official publication of Indian Association of Preventive & Social Medicine. Wolters Kluwer--Medknow Publications, 41(1), p. 1.

Maas, L. T. (2004) ‘Kesehatan Ibu dan Anak: Persepsi Budaya dan Dampak Kesehatannya’.

Muchlas, M. (2005) ‘Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour)’, Yogyakarta: PT Karipta.

Muryanta, A. (2010) ‘Menggapai Target MDGs Dalam Program KB Nasional’, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Puskesmas Sulamadaha (2014) ‘Profil Kesehatan’, in.

Sastrawinata, U. S. (2010) ‘Pengetahuan dan Sikap Bidan di Rumah Sakit Immanuel Mengenai Gravidogram Menurut JICA’, Maranatha Journal of Medicine and Health. Maranatha Christian University, 8(1).

Setiawan, W. (2007) ‘Beberapa faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan di desa dalam pertolongan persalinan di Kabupaten Tasikmalaya’. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Yani, A., Suriah, S. and Jafar, N. (2017) ‘Pengaruh SMS Reminder Terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Published
2019-12-15
Section
Original Articles