Hubungan Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Pelatihan Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Karyawan Di PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kota Kendari

Sukma Ayu(1*), Erwin Azizi Jayadipraja(2), Abdul Azis Harun(3)


(1) Stikes Mandala Waluya Kendari
(2) Stikes Mandala Waluya Kendari
(3) Stikes Karya Kesehatan
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v9i2.962

Abstract


Data pada tahun 2017 menunjukkan bahwa terjadi satu (1) kasus meninggal dan luka-luka ringan pada pekerja di bagian jaringan tegangan menengah. Sedangkan pada tahun 2018 diketahui terjadi dua (2) kasus meninggal, satu (1) kasus luka berat dan kerugian materi. Selain itu masih terdapat beberapa kasus kecelakaan yang tidak dilaporkan kepada perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan penerapan standar operasional prosedur dan pelatihan dengan kejadian kecelakaan kerja pada karyawan di PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Wua-Wua dan Benu-Benua Kota Kendari. Penelitian dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan case control study. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PT. PLN (Persero) yang berjumlah 165 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 110 orang yang terdiri dari dua kelompok yakni kelompok kasus 55 orang dan kelompok kontrol 55 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square dan odds ratio. Terdapat hubungan penerapan standar operasional prosedur dengan kejadian kecelakaan kerja dimana diperoleh P-Value=0,000<0,05. Sedangkan pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja, juga menunjukkan hal yang sama dimana diperoleh nilai P-Value=0,006<0,05. Oleh karena itu agar penerapan SOP pada pekerja lebih meningkat, sebaiknya peraturan yang ada dipertegas lagi dengan diberlakukannya sanksi dan penghargaan terhadap pekerja.

 


Keywords


Kecelakaan Kerja; Penerapan Standar Operasional Prosedur; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Anshari, L. H., & Azkha, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Kerja Pada Karyawan Pt Kunanggo Jantan Kota Padang Tahun 2016. Paper Presented At The Prosiding Seminar Nasional Ikakesmada “Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Sdgs”.

Barizqi, I. N. (2015). Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan Apd Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bangunan Pt. Adhi Karya Tbk Proyek Rumah Sakit Telogorejo Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Bisen, V. Priya. 2010. Industrial Psychology, New Delhi: New Age International.

Budihardjo, I. M. (2014). Panduan Praktis Menyusun Sop: Ras.

Depnakertrans, R. (2003). Modul Pelatihan Keselamatan Kerja Dan Pencegahan Kecelakaan: Jakarta: Depnakertrans Press.

Konradus, D. (2006). Keselamatan Kesehatan Kerja. Jakarta: Bangka Adinatha Mulia.

Lagata, F. S. (2015). Gambaran Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Pekerja Di Depertemen Produksi Pt. Maruki Internasional Indonesia Makassar. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. Makassar.

Levi, A. (2017). Usulan Perbaikan Keselamatan Kerja Menggunakan Metode Job Safety Analysis (Jsa) Dan Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Spektrum Industri, Vol. 15, No. 2, 121-255.

Mentang, M. I. F., Tjakra, J., Langi, J. E. C., & Walangitan, D. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Peningkatan Fasilitas Pt. Trakindo Utama Balikpapan. Jurnal Sipil Statik, 1(5).

Paskarini, I., & Rinanda, F. (2014). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Selamat Pada Pengemudi Pengangkut Bahan Kimia Berbahaya Pt Aneka Gas Industri, Sidoarjo. Indonesian Journal Of Occupational Safety And Health, 3(1).

Putri, F. A., Suroto, S., & Wahyuni, I. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan, Praktik Penerapan Sop, Praktik Penggunaan Apd Dan Komitmen Pekerja Dengan Risiko Kecelakaan Kerja Di Pt X Tangerang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 5(3), 269-277.

Ridley, J. (2008). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (Ikhtisar). Edisi Ke-3 (Alih Bahasa: Soni Astantro, S.Si). Jakarta: Erlangga.

Riyadina W. (2007). Kecelakan Kerja Dan Cedera Yang Dialami Oleh Pekerja Industri Di Kawasan Industri Pulo Gadung. Jakarta: Departemen Kesehatan Ri.

Santoso, G. (2004). Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja: Prestasi Pustaka Publisher.

Sastrohadiwiryo, B. S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Edisi 2. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Siregar, D. I. S. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Ringan Di Pt Aqua Golden Missisippi Bekasi Tahun 2014.

Statt, D. A. (2002). Using Psychology In Management Training: The Psychological Foundations Of Management Skills: Routledge.

Sucipto, C. D. (2014). Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Suma'mur P.K. (2009). Keselamatan Kerja & Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Cv Sagung Seto.


Article Statistic

Abstract view : 17 times
PDF views : 16 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat