HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN HOME CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUA KOTA MAKASSAR

  • Reza Fahrepi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Nabire, Papua
  • Suherman Rate Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salewangan, Maros
  • Anto J. Hadi Institut Kesehatan Helvetia, Medan

Abstract

Pelayanan kesehatan di rumah merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang dilakukan ditempat tinggal keluarga untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan keluarga. Home care mengutamakan pemenuhan kepuasan pasien melalui penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa melanggar kode etik dan standar mutu pelayanan profesi. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui tingkat  kepuasan keluarga pasien dalam hal pelayanan Home Care di wilayah kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode survey deskriptif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 76 orang dengan tekhnik total sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa kehandalan berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p (0,002)<(0,05), jaminan berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p (0,000)<(0,05), bukti langsung berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p (0,000)<(0,05), empati berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p (0,002)<(0,05), daya tanggap berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien dengan nilai p (0,003)<(0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kehandalan, jaminan, bukti langsung, empati dan daya tanggap dalam pelayanan home care berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien. Disarankan kepada pihak pelayanan Home care di Puskesmas Batua hendaknya lebih memperomosikan lagi pelayanan Home care dan tetap mempertahankan model pelayanan asuhan keperawatan yang ada.

 

References

Nova RF. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Ekonomi; 2010.

Friedberg MW, Schneider EC, Rosenthal MB, Volpp KG, Werner RM. Association between participation in a multipayer medical home intervention and changes in quality, utilization, and costs of care. Jama. 2014;311(8):815–25.

Koren MJ. Person-centered care for nursing home residents: The culture-change movement. Health Aff. 2010;29(2):312–7.

Sabrina Q. Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSU Haji Surabaya. Kebijak dan Manaj Publik. 2015;3(2):54–62.

Selatan DKPS. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi SelatanTahun 2016. Makassar; 2015.

Bata YW, Alwi D. HubunganKualitasPelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Akses Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Tana Toraja. Makassar Univ Hasanuddin. 2013;6–9.

Zaniarti D. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga. Universitas Negeri Semarang; 2011.

Aryani D, Rosinta F. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Bisnis Birokrasi J. 2011;17(2).

Rosinta DADF, Aryani D. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Ilmu Adm dan Organ. 2010;17(2):114–26.

Astrini R. Pengaruh Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) Rawat Inap Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Puri Cinere. J Ilm Univ bakrie. 2012;1(01).

Published
2019-06-15
Section
Original Articles