UJI KANDUNGAN BAKTERIOLOGI PADA AIR SUMUR GALI DITINJAU DARI KONSTRUKSI SUMUR DI KELURAHAN SANGAJI KECAMATAN TERNATE UTARA

Dayani Sangadjisowohy(1*)


(1) Politeknik Kesehatan Kemenkes Ternate
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v9i1.577

Abstract


Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Pencemaran Biologi dapat diketahui dengan ditemukannya bakteri (patogen) E.Colisebagai indikator pencemaran pada air. Air untuk keperluan higiene sanitasi tersebut digunakan untuk pemeliharaan kebersihan perorangan seperti mandi dan sikat gigi, serta untuk keperluan cuci bahan pangan, peralatan makan, dan pakaian. Untuk mengetahui kandungan E.Coli ditinjau dari konstruksi Sumur Gali di Kel. Sangaji Kec. Ternate Utara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Survey atau observasional dengan pendekatan Cross Sectional study.  Dari 30 sumur gali yang di uji kualitas bakteriologinya terdapat 29 sumur gali yang positif dan hanya 1 sumur gali yang hasilnya negative. Melakukan penelitian dengan menggabungkan variabel lainnya seperti konstruksi sumur gali dengan parameter kimia.

 


Full Text:

PDF

References


Sebayang P. Teknologi Pengolahan Air Kotor dari Payau Menjadi Air Bersih dan Layak Minum. LIPI, editor. Pres Jakarta; 2014.

Marsono. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Bakteriologi Air. Gadjah Mada; 2009.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 2017 Tentang standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan air untuk keperluan higiene sanitasi, kolam renang, solus per aqua, dan pemandian umum. Menteri Kesehatan; 2017.

Kusuma. Pengertian Bakteri E. coli Terhadap Kesehatan. 2010.

Pujiati dan Pebriyanti. Pengaruh Jarak Sumur Gali Dengan Septik Tank Terhadap Kandungan Bakteri Coliform Pada Air Sumur Gali. 2010;6.

Putri Enda Silvia. Analisis Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Kosntsruksi Sumur Gali Terhadap Kualitas Sumur Gali. Universitas Teuku Umar; 2017.

Jamaluddin. Studi Bakteriologis Berdasarkan Kadar MPN Coliform Air Sumur Gali Di Desa Bonto Marannu Kabupaten Maros Tahun 2007. STIK Tamalatea; 2007.

Machfoedz M. Menjaga Kesehatan Rumah Dari Berbagai Penyakit Kesehatan Lingkungan – Kesehatan Masyarakat – Sanitasi Pedesaan Dan Perkotaan, Fitramaya, Yokyakarta. Yokyakarta; 2008.

Hardiyanti. T dkk. Gambaran Kualitas Bakteriologis Dan Kondisi Fisik Sumur Gali Di Lingkungan III Kelurahan Manembo-Nemo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung Tahun 2015. J Ilm Farm. 2016;5.

Irawan Masa dkk. Hubungan Konstruksi Sumur Gali Terhadap Kualitas Bakteriologis Air Pada Sumur Gali Di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur Kota Metro. 2014;8.

Notoatmodjo. Kesehatan Masyaraka. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.

Entjang. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung: Penerbit Alumni; 2000.


Article Statistic

Abstract view : 47 times
PDF views : 63 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat